Rabu 05 Apr 2023 15:20 WIB

Pengunjung Pasar Baru Bandung Disebut Capai 5.000 per Hari

Pengunjung Pasar Baru disebut masih lebih banyak dari luar Bandung.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Irfan Fitrat
Suasana Pasar Baru, Kota Bandung, Jawa Barat, terpantau ramai, Rabu (5/4/2023).
Foto: Dea Alvi Soraya/Republika
Suasana Pasar Baru, Kota Bandung, Jawa Barat, terpantau ramai, Rabu (5/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Suasana Pasar Baru di Kota Bandung, Jawa Barat, terpantau ramai pada pertengahan bulan Ramadhan ini. Diperkirakan jumlah pengunjung akan semakin meningkat pada pekan ketiga Ramadhan.

Menurut Ketua Himpunan Pedagang Pasar Baru (HP2B) Iwan Suhermawan, kepadatan pengunjung mulai terlihat sejak hari kesepuluh Ramadhan atau Sabtu (1/4/2023).

“Mulai terlihat kepadatannya dari hari Sabtu-Ahad kemarin ya. Jadi, memang diprediksi hari ke-10 Ramadhan akan ada lonjakan pengunjung dan itu terbukti. Hari Ahad itu sangat padat. Lalu Senin-Rabu ini memang agak melandai, tapi masih cukup padat,” ujar Iwan kepada Republika, Rabu (5/4/2023).

Iwan mengatakan, pada hari biasa, pengunjung Pasar Baru berkisar 2.000-2.500 orang per hari. Belakangan ini jumlah kunjungan melonjak hingga seratus persen. “Belakangan ini bisa mencapai 4.000-5.000 pengunjung per hari dan saat puncaknya diperkirakan bisa mencapai 10 ribu-15 ribu pengunjung per hari,” kata dia.

Menurut Iwan, diperkirakan pengunjung makin ramai memasuki pekan ketiga Ramadhan hingga H-2 Idul Fitri. Terlebih ketika sudah pembagian tunjangan hari raya (THR).

Sejauh ini, menurut Iwan, pengunjung Pasar Baru diperkirakan masih didominasi warga dari luar Bandung Raya. Melihat nomor kendaraan pengunjung, mayoritas disebut berasal dari wilayah Jawa Tengah, pantai utara (pantura), Priangan Timur, Bogor, Cianjur, dan Lampung.

“Warga lokal Bandung atau Bandung Raya biasanya baru mulai memadati Pasar Baru pada H-10 hingga H-2 Lebaran,” kata Iwan.

Ihwal produk yang banyak dicari pembeli, sejauh ini dilaporkan masih pakaian Muslim, baik untuk perempuan, laki-laki, maupun anak-anak. Produk sepatu, pernak-pernik Lebaran juga dicari pembeli. Termasuk kurma, oleh-oleh haji seperti kacang arab, juga suvenir.

Persiapan Sambut Pengunjung

Iwan mengatakan, HP2B berkoordinasi dengan pengelola Pasar Baru untuk meningkatkan pelayanan, serta memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pengunjung saat berbelanja di Pasar Baru.

Dari sisi sarana prasarana, kata dia, dipastikan kelancaran operasional lift, eskalator, juga aliran listrik. “Meski belum sempurna, tapi kita akan maksimalkan upaya untuk meningkatkan layanan kepada pengunjung yang datang ke Pasar Baru,” ujar Iwan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement