Rabu 19 Apr 2023 17:01 WIB

Bio Farma Berangkatkan 800 Peserta Mudik Gratis dari Bandung

Bio Farma dan Pemkot Bandung memfasilitasi mudik gratis rute Yogyakarta dan Wonogiri.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna bersama Direktur Human Capital PT Bio Farma Endang Suraningsih melepas pemberangkatan peserta program mudik gratis di halaman Kantor Bio Farma, Kota Bandung, Rabu (19/4/2023).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna bersama Direktur Human Capital PT Bio Farma Endang Suraningsih melepas pemberangkatan peserta program mudik gratis di halaman Kantor Bio Farma, Kota Bandung, Rabu (19/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — PT Bio Farma bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memberangkatkan 800 peserta program mudik gratis, Rabu (19/4/2023). Kali ini difasilitasi mudik gratis dengan tujuan akhir Wonogiri, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Untuk program mudik gratis ini Pemkot Bandung dan Bio Farma menyediakan 15 bus. Rutenya dibagi dua. Salah satunya jalur selatan, dengan rute Bandung- Majenang- Wangon- Gombong- Kebumen-Purworejo-Terminal Giwangan, Yogyakarta.

Satu lainnya jalur utara, dengan rute Bandung- Brebes-Tegal-Pemalang-Pekalongan-Batang- Kendal-Semarang-Ungaran-Salatiga-Boyolali- Solo-Sukoharjo-Terminal Giri Adipura, Wonogiri.

Salah satu peserta, Nanang Suherman (57 tahun), merasa terbantu dengan program mudik gratis ini, sehingga bisa mudik bersama keluarganya ke Boyolali, Jawa Tengah, pada momen Lebaran. “Ikut mudik bersama istri, anak, dan keluarga, tujuan Boyolali. Pelayanannya sangat ramah luar biasa, kita tidak akan kapok,” ujar Nanang.

 

photo
Pelaksana Harian Wali Kota Bandung Ema Sumarna bersama Direktur Human Capital PT Bio Farma Endang Suraningsih menyapa para peserta mudik gratis. -(Edi Yusuf/Republika)

 

 

Pemberangkatan peserta program mudik gratis ini dilakukan di Kantor Bio Farma, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat. Menurut Direktur Human Capital PT Bio Farma, Endang Suraningsih, secara total Bio Farma Grup memberangkatkan 1.230 pemudik.

Endang mengatakan, program mudik gratis ini merupakan bentuk kepedulian sosial untuk membantu masyarakat merayakan momen Lebaran di kampung halaman. “Semoga bermanfaat dan betul-betul sesuai dengan tema tahun ini, yaitu mudik dinanti, mudik di hati,” ujar Endang.

Pemberangkatan para pemudik dari Kantor Bio Farma dilepas oleh Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna. Ema berpesan kepada para sopir bus yang mengangkut peserta mudik ini agar dalam kondisi fit. Ia pun mendoakan warga yang mudik. “Kami doakan semoga selalu bahagia dan tiba di tujuan dengan selamat,” ujarnya.

Ema mengapresiasi program mudik gratis hasil kolaborasi ini. Ia berharap ke depan program mudik gratis bisa tetap berjalan.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas kolaborasi kita, antara pemda dengan BUMN, serta BUMD yang ada di Kota Bandung, sangat luar biasa dan tentunya sama-sama untuk bisa berkiprah membantu membahagiakan warga masyarakat,” kata Ema.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement