Rabu 19 Apr 2023 20:43 WIB

Puncak Arus Mudik di Tol Cipali, Diprediksi Melintas 121 Ribu Kendaraan

Pengguna kendaraan diminta tidak parkir di bahu jalan Tol Cipali.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Kondisi arus lalu lintas kendaraan di ruas Tol Cipali Km 80 arah Palimanan, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Kondisi arus lalu lintas kendaraan di ruas Tol Cipali Km 80 arah Palimanan, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Puncak lalu lintas kendaraan arus mudik di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) diperkirakan terjadi pada Rabu (19/4/2023) ini. Jumlah kendaraan yang melintas diprediksi meningkat sekitar 19 persen dibandingkan hari sebelumnya.

“Prediksi kendaraan yang melintas sebanyak 121 ribu kendaraan,” ujar Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali, Sri Mulyo, Rabu (19/4/2023).

Berdasarkan data Astra Tol Cipali, pada Selasa (18/4/2023) terdata 102 ribu kendaraan yang melintas di Tol Cipali. Adapun secara total sejak H-10 sampai H-4 Lebaran tercatat 535 ribu kendaraan.

“Dengan peningkatan arus lalu lintas di ruas Tol Cipali sejak kemarin malam, maka pemberlakuan one way, yang semula sampai dengan pukul 00.00 WIB, diperpanjang sampai dengan siang (Rabu) ini,” kata Sri Mulyo.

Hal itu dilakukan karena arus lalu lintas kendaraan di Tol Cipali terpantau terus mengalami kenaikan sampai dengan Rabu siang. Keputusan waktu pemberlakuan one way itu sesuai dengan arahan dari Korlantas Polri.

 

photo
Warga beristirahat di bahu jalan ruas Tol Cipali Km 81 arah Palimanan, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023). Penuhnya rest area membuat sejumlah pemudik memilih beristirahat di bahu jalan, meski hal tersebut dilarang dan dapat membahayakan keselamatan pemudik. - (Republika/Edwin Dwi Putranto)

 

Mengantisipasi potensi kemacetan di ruas tol, pengguna kendaraan diminta tidak parkir di area bahu jalan.

“Kami mengimbau kepada para pengguna jalan agar tidak berhenti di bahu jalan untuk beristirahat guna menghindari kepadatan arus lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran 2023,” kata Sri Mulyo.

Apabila kondisi di rest area sudah batas maksimal, pengguna kendaraan disarankan segera keluar gerbang tol terdekat untuk dapat beristirahat atau sekadar mengisi bahan bakar kendaraan.

Setelah itu, bisa masuk kembali ke ruas jalan tol untuk melanjutkan perjalanan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement