Jumat 21 Apr 2023 11:15 WIB

Malam Takbiran, Petugas Kebersihan di Purwakarta Disiagakan Tangani Sampah

Petugas kebersihan akan disebar ke sejumlah tempat keramaian di Purwakarta.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.
Foto: Dok Diskominfo Purwakarta
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat, mengantisipasi peningkatan volume sampah saat malam takbiran. Untuk itu, Pemkab Purwakarta menyiagakan ratusan petugas kebersihan agar sampah dapat segera ditangani.

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, biasanya terjadi peningkatan volume sampah saat malam takbiran. “Biasanya pada malam takbiran hingga pagi menjelang shalat Id terjadi peningkatan volume sampah. Ini yang kami antisipasi,” kata Bupati.

Menurut Bupati, peningkatan volume sampah diperkirakan bisa mencapai dua hingga tiga kali lipat dari hari biasa. Khususnya di sejumlah jalur protokol dan pusat perbelanjaan.

Karena itu, Bupati mengatakan, petugas kebersihan akan tetap disiagakan. Para petugas bakal disebar ke titik-titik yang dinilai menjadi lokasi timbulan sampah. “Petugas kami sudah siap untuk disebar di beberapa tempat keramaian, terutama di jalur protokol yang menjadi titik konsentrasi warga,” katanya.

Berdasarkan hasil sidang isbat, Kamis (20/4/2023), pemerintah pusat menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriyah jatuh pada Sabtu (22/4/2023). 

“Secara khusus, para petugas kebersihan akan bertugas pada malam takbiran mulai pukul 22.00 WIB sampai subuh. Setelah itu, para petugas kebersihan beristirahat sebentar dan disambung lagi bekerja sekitar pukul 10.00 WIB sampai selesai,” ujar Bupati.

Selain petugas penyapu, Pemkab Purwakarta juga akan menyiagakan petugas penyisir yang akan mengangkut sampah. Dengan begitu, diharapkan sampah tidak menumpuk.

Bupati menyampaikan apresiasinya kepada para petugas kebersihan yang siap untuk menjalankan tugas pada malam menjelang Lebaran nanti.

“Bertugas pada saat Lebaran tentu sangat berat. Di saat orang lain sedang bersama anggota keluarganya, harus bekerja untuk menjalankan tugas negara yang mulia,” ujar Bupati.

Sebagai bentuk apresiasi dan motivasi, beberapa hari menjelang Lebaran ini Pemkab Purwakarta membagikan bingkisan paket bahan pokok kepada 450 petugas kebersihan yang akan bertugas nanti.

“Diharapkan dengan adanya bantuan ini para petugas kebersihan tetap menjaga semangatnya saat bertugas,” kata Bupati.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement