Kamis 04 May 2023 16:23 WIB

Disnakertrans Jabar Kirim Tim Selidiki Kabar Syarat Tidur Bareng Bos

Jika aksi tidak terpuji bos perusahaan terbukti, maka bisa diseret ke ranah hukum.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Jabar Rachmat Taufik Garsadi.
Foto: Republika/Arie Lukihardianti
Kepala Dinas Tenaga Kerja Jabar Rachmat Taufik Garsadi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kabar viral tentang atasan atau bos perusahaan di Cikarang, Kabupaten Bekasi  mensyaratkan tidur bareng untuk memperpanjang kontrak kerja pegawai perempuan/karyawati, menuai respons. Tim bentukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat (Jabar) pun dikirim ke daerah terebut untuk memastikan kebenarannya.

"Jadi untuk kasus yang Cikarang kami sudah menugaskan pengawas ke sana karena saya yakin itu bukan pengusaha itu," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jabar, Rachmat Taufik Garsadi, di sela-sela acara Puncak Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2023, di Kota Bandung, Kamis (4/5/2023).

Pihaknya meyakini kabar tentang bos perusahaan di Cikarang, Kabupaten Bekasi yang mensyaratkan tidur bareng untuk memperpanjang kontrak kerja karyawati tersebut dilakukan oleh oknum.

Karena, ucap dia, di perusahaan itu sudah ada aturan, ada peraturan perusahaan bahwa perjanjian kerja sama itu merupakan aturan tertinggi di perusahaan. "Jadi, kalau ada kontrak diperpanjang dan sebagainya. Itu sudah ada di aturan perusahaannya dan itu adalah oknum pastinya," kata dia.

Disnakertrans Jabar, kata Taufik, belum dapat memberitahukan hasil investasi tim yang telah dikirimkan oleh pihaknya ke Cikarang, terkait kabar tersebut. "Tapi, saya belum bisa menyampaikan, karena tim saya masih melakukan investigasi di sana," kata dia.

Dia mengatakan, jika aksi tidak terpuji bos perusahaan tersebut terbukti, maka bisa diseret ke ranah hukum. "Jadi kalau itu oknum, ranahnya bukan hubungan industrial. Itu pasti kewenangan ranah pidana," kata dia.

Menurut dia, selama ini, kasus belum pernah menangani atau menemukan kasus bos perusahaan di Cikarang, Kabupaten Bekasi yang mensyaratkan tidur bareng untuk memperpanjang kontrak kerja karyawati.

"Belum pernah ada kasus seperti itu. Paling yang selama ini saya terima laporan ialah ada pelecehan, pelecehan di tempat kerja. Dan kalau ada kejadian di tempat kerja semacam pelecehan itu bisa langsung melakukan pengaduan baik ke dinas kita atau di UPTD atau yang paling mudah melalui aplikasi Siap KK," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement