Senin 15 May 2023 22:45 WIB

Pemkab Sukabumi akan Bangun Jalan Wisata Selabintana-Kadudampit

Sukabumi ingin meningkatkan pariwisata.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Erdy Nasrul
Aparat Polres Sukabumi membersihkan sampah yang ditinggalkan wisatawan di momen libur lebara di Pantai Kadaka, Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi, Rabu (26/4/2023).
Foto: Dok. Republika
Aparat Polres Sukabumi membersihkan sampah yang ditinggalkan wisatawan di momen libur lebara di Pantai Kadaka, Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi, Rabu (26/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pemkab Sukabumi akan membangun jalan wisata dari Selabintana menuju Kadudampit. Selain jalur wisata, jalan ini juga akan mempermudah akses mobilitas hasil produksi sayuran dari petani.

Hal ini disampaikan Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat meninjau rencana pembangunan jalan wisata Selabintana-Kadudampit, Senin (15/5/2023). Peninjauan dilakukan dengan menggunakan motor bersama rombongan ini, dimulai dari kawasan Selabintana, Kecamatan Sukabumi hingga Kecamatan Kadudampit. 

Baca Juga

Jalan sepanjang puluhan kilometer ini menyuguhkan pemandangan dan udara yang sejuk karena Selabintana dan Kadudampit merupakan kawasan pegunungan. '' Pembukaan akses jalan dilakukan untuk kepentingan masyarakat,'' ujar Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Terutama para petani yang berada di kawasan tersebut dalam menjual hasil pertaniannya. Akses jalan ini bukan hanya membuka koridor utara dalam perecanaan RPJMD, namun membantu masyarakat untuk memudahkan akses transportasi dalam menjual sayuran. '' Tak hanya itu saja, jalan ini pun dibangun untuk mendorong potensi pariwisata,'' kata Marwan. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan penghasilan dari pariwisata dan tidak hanya mengandalkan hasil pertanian.

Marwan menerangkan, di sekitar jalan yang dibangun, akan dibuat tempat untuk berjualan baik itu sayuran ataupun makanan. Keberadaan sarana itu bisa dimanfaatkan warga Kadudampit dan Selabintana.

Marwan memprediksi, kawasan yang dilalui jalan ini akan ramai. Hal ini mengingat, jalan ini pun bisa menjadi alternatif dalam mengurai kemacetan dari arah Bogor menuju Cianjur. 

'' Jalan ini dibangun juga untuk mengurai kemacetan, termasuk alternatif pendukung, ketika tol sudah jadi,'' ungkap Marwan. Makanya, jalan ini diprediksi akan ramai dilalui kendaraan.

Marwan berharap, kesejahteraan masyarakat bisa meningkat ketika jalan ini sudah jadi. " Mudah-mudahan ketika semua sudah selesai, pariwisata berjalan, penghasilan masyarakat meningkat,'' kata dia.n riga nurul iman

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement