Jumat 16 Jun 2023 08:10 WIB

Terkena Strok, Encar Senang Dapat Bantuan Kursi Roda dari Polres Tasikmalaya Kota

Dengan kursi roda diharapkan dapat membantu Encar beraktivitas.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Polres Tasikmalaya Kota memberikan bantuan kursi roda kepada Encar, warga di Kelurahan Cilembang, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (15/6/2023).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Polres Tasikmalaya Kota memberikan bantuan kursi roda kepada Encar, warga di Kelurahan Cilembang, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (15/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Sudah bertahun-tahun Encar (58 tahun) kesulitan beraktivitas akibat terkena strok. Warga Kampung Cempakawarna, Kelurahan Cilembang, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, itu juga tak bisa lagi berjualan seperti dulu.

Encar dikabarkan berpisah dengan istri dan anaknya setelah terkena strok. Ia kini tinggal bersama adiknya di rumah kontrakan dengan satu kamar, berukuran sekitar 2,5 kali empat meter.

Menurut tetangganya, Dewi Asmana (58), Encar dulu berjualan kopi sebelum terkena strok. Karena kondisi fisiknya setelah terserang strok, lelaki itu tak bisa kembali berjualan. Encar juga ditinggal istrinya.

Saat ini Encar hanya hidup bersama adik perempuannya di kamar kontrakan. Biaya sewa kontrakan sebesar Rp 300 ribu per bulan dibayar oleh adiknya yang berjualan kopi. Sementara untuk kebutuhan sehari-hari Encar banyak dibantu oleh warga sekitar.

Dewi mengatakan, Encar lebih sering menghabiskan waktu di rumah. Beberapa kali Encar berniat berjalan-jalan ke gang-gang di sekitar rumahnya. Namun, Encar kerap kali ditemukan terjatuh di jalan. “Suka mau jalan, tapi di jalan jatuh,” ujar Dewi, Kamis (15/6/2023).

Untuk membantunya beraktivitas, Encar kini mempunyai kursi roda. Polres Tasikmalaya Kota memberikan kursi roda itu setelah melakukan pendataan warga yang membutuhkan bantuan.

Encar mengaku senang dengan bantuan kursi roda dari polisi ini. Ia tak kuasa menahan air mata saat mengucap rasa syukur dan terima kasih. “Sangat berterima kasih. (Saya akan terus) Semangat,” ujar Encar.

 

photo
Encar (tengah), warga di Kelurahan Cilembang, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, yang mendapatkan bantuan kursi roda. - (Republika/Bayu Adji P)

Kepala Polres (Kapolres) Tasikmalaya Kota AKBP Sy Zainal Abidin mengatakan, pemberian bantuan kursi roda itu merupakan bagian dari rangkaian peringatan ke-77 Hari Bhayangkara. “Alhamdulillah, atas partisipasi semua pihak, sore ini kami bisa menyalurkan kepada salah satu penerima bantuannya,” ujar Kapolres, Kamis.

Kapolres berharap bantuan itu dapat membantu warga penerimanya beraktivitas. Diharapkan juga dapat memberikan semangat bagi penerimanya. Rencananya bukan hanya Encar yang mendapatkan bantuan kursi roda.

“Dalam kurun waktu sebulan ini kami merencanakan ada empat orang yang akan disalurkan bantuan kursi roda,” ujar Kapolres.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement