Selasa 20 Jun 2023 13:01 WIB

Mahasiswa Saat Ini Sedang Hadapi Tantangan Hyper Competition

Menyinergikan pembelajaran dan kemahasiswaan menjadi sebuah sinergi yang baik.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Unpas melakukan pelantikan serah terima jabatan para wakil rektor di Lantai 8, Aula Mandala Saba Djuanda, Kampus II Unpas Kota Bandung, Senin (19/6/2023).
Foto: dok. Republika
Unpas melakukan pelantikan serah terima jabatan para wakil rektor di Lantai 8, Aula Mandala Saba Djuanda, Kampus II Unpas Kota Bandung, Senin (19/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Tantangan mahasiswa saat ini sangat berat. Khususnya, dalam menghadapi tantang hyper competition. 

Hal tersebut diungkapkan Wakil Rektor I Universitas Pasundan (Unpas) Dr Cartono, MPd  MT yang baru saja dilantik oleh Rektor Universitas Pasundan. “Saya pikir itu tantangan yang saya hadapi, di samping kita menghadapi hyper competition yang sangat luar biasa di tengah perguruan tinggi, baik negeri ataupun swasta," ujar Cartono, Selasa (20/6/2023).

Tapi, kata Cartono, bagi dirinya adalah sebuah realita. "Jadi, tidak bisa menghindar dari situasi itu tinggal kita meng-create bagaimana inovasi dan kreativitas di tengah tantangan yang luar biasa,” katanya.

Oleh karenannya, Cartono berharap, Unpas ke depan bagaimana mampu menyinergikan pembelajaran dan kemahasiswaan menjadi sebuah sinergi yang baik. Sehingga, lulusan-lulusan dari Unpas bisa menghadapi tantangan ke depan yang cukup luar biasa. Hal itu memerlukan keterampilan-keterampilan yang sifatnya generik.

 

Unpas telah melakukan pelantikan serah terima jabatan para wakil rektor di Lantai 8, Aula Mandala Saba Djuanda, Kampus II Unpas Kota Bandung, Senin (19/6/2023).

Wakil Rektor Unpas yang dilantik di antaranya Wakil Rektor I Dr Cartono MPd MT, menggantikan Prof Dr H Jaja Suteja, SE MSi, Wakil Rektor II Dr Ir H Yudi Garnida, MP dan Wakil Rektor III Dr M Budiana, SIP, MSi menggantikan Dr Deden Ramdan, MSi.

Ketiganya mengucapkan sumpah jabatan yang dibacakan oleh Prof Dr Ir H Eddy Jusuf Sp, MSi MKom, IPU pada saat pelantikan.

“Sebagai Wakil Rektor Unpas masa bakti 2023/2028 saya bersumpah bahwa saya dalam menjalankan jabatan atau pekerjaan senantiasa lebih mengutamakan kepentingan organisasi dan almamater dibandingkan diri saya sendiri. Saya bersumpah bahwa akan berusaha sekuat tenaga serta penuh tanggung jawab untuk memajukan Unpas. Jika tidak sanggup saya siap mengundurkan diri,” paparnya.

Sementara, menurut Prof Eddy, nomenklatur wakil rektor mengalami transformasi. Wakil Rektor I saat ini mengkoordinasi pendidikan pembelajaran dan kemahasiswaan (belmawa), penelitian agama dan budaya.

Wakil Rektor II menangani masalah keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana dan sistem informasi. Untuk Wakil Rektor III mengkoordinasi terkait inovasi dan kerja sama.

Eddy mengatakan, sudah didampingi oleh Wakil Rektor I dan Wakil Rektor III selama 10 tahun. Wakil Rektor II baru satu periode yaitu 5 tahun. 

"Tentu yang sudah 10 tahun harus terjadi kaderisasi, karena bagaimana pun juga transformasi kepemimpinan itu adalah sebuah keniscayaan. Supaya kita tetap bisa bekerja untuk mempertahankan dan meningkatkan apa-apa yang belum kita capai,” kata Eddy.

Menurut dia, bahwa ketiga wakil rektor yang baru dilantik ini sudah menjadi bagian dari keluarga Unpas. “Ada yang dipimpinan fakultas, ada pimpinan lembaga yang di pemerintah. Jadi tidak ada alasan untuk beradaptasi atau orientasinya terlalu lama,” katanya.

Menurut Wakil Rektor II Unpas Dr Ir H Yudi Garnida, MP sesuai dengan nomenklatur yang baru untuk Wakil Rektor II, bidang yang nanti akan ditangani hampir sama dengan sebelumnya. “Bidang yang akan ditangani yaitu keuangan dan bidang umum. Meliputi infrastruktur, bidang SDM dan kepegawaian ditambah nanti yaitu bidang sistem informasi dan perencanaan,” kata dia.

Yudi mengatakan, tantangan Perguruan Tinggi Swasta secara umum, khususnya Unpas ke depan sangat berat sekali karena banyaknya perguruan tinggi yang memiliki tujuan yang sama.

“Perguruan tinggi harus bisa menjadikan mahasiswa bersaing di dunia kerja. Ini tentu tantangan tersendiri bagi Unpas. Kita juga berharap khususnya saya yang diamanahkan di bidang II ini bisa mengemban amanah dengan baik,” kata Yudi. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement