Kamis 29 Jun 2023 15:49 WIB

Idul Adha di Kota Bandung, Ada 11 Ribu Hewan Dikurbankan

Penyembelihan hewan kurban dilakukan di sekitar 1.962 titik wilayah Kota Bandung.

Rep: Dea Alvi Soraya/Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Petugas bersiap menyembelih sapi kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Ciroyom, Jalan Arjuna, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/6/2023).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Petugas bersiap menyembelih sapi kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Ciroyom, Jalan Arjuna, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna menyebut pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Kota Bandung, Jawa Barat, berlangsung serentak mulai Kamis (29/6/2023). Penyembelihan hewan kurban disebut tersebar di sekitar 1.962 titik.

Ema mengatakan, terdata 11.730 hewan ternak yang akan dikurbankan di Kota Bandung. Terdiri atas 6.025 sapi, serta 5.705 domba dan kambing. Menurut dia, aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota Bandung, BUMD, dan Bank BJB turut memberikan bantuan hewan kurban sebanyak 42 sapi dan 90 domba.

Baca Juga

Sekitar 132 hewan kurban disebut akan disembelih di Masjid Raya, Kota Bandung. “Insyaallah, dagingnya, baik sapi maupun domba, akan diberikan kepada warga sekitar. Mudah-mudahan akan lebih diprioritaskan bagi masyarakat kurang mampu,” kata Ema, seusai melaksanakan sholat Idul Adha di Masjid Al-Ukhuwwah, Kota Bandung, Kamis (29/6/2023). 

Kondusif

Ema menilai, pelaksanaan sholat Idul Adha di Kota Bandung berjalan kondusif. Ada yang melaksanakan sholat Id pada Rabu (28/6/2023), ada juga yang Kamis (29/6/2023). Pada Rabu, pelaksanaan sholat Id disebut tersebar di sekitar 30 titik.

“Walau ada perbedaan waktu pelaksanaan sholat Id, tapi alhamdulillah, di Kota Bandung saat ini kondisinya sangat kondusif,” ujar Ema.

Di sejumlah lokasi pelaksanaan sholat Idul Adha ada petugas kepolisian yang ikut berjaga dan melakukan pengaturan lalu lintas. Kepala Polrestabes (Kapolrestabes) Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan, pelaksanaan sholat Idul Adha di Kota Bandung berjalan dengan lancar dan aman. “Alhamdulillah,” katanya.

Sebelumnya, Kapolrestabes juga mengatakan, anggota Polrestabes Bandung disiagakan untuk melakukan pengamanan momen liburan Idul Adha.

“Dalam rangka menghadapi libur panjang, jajaran Polrestabes Bandung sudah menyiagakan anggota untuk mengamankan titik-titik wisata, jalur-jalur menuju titik wisata, dan mengamankan kegiatan agama,” ujar dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement