Kamis 29 Jun 2023 17:08 WIB

Momen Liburan Sekolah, Okupansi Hotel di Pangandaran Meningkat

Hotel di sekitar kawasan wisata Pantai Pangandaran masih menjadi favorit.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Salah satu hotel di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.
Foto: Horison Palma Pangandaran
Salah satu hotel di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN — Okupansi kamar hotel di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, disebut mengalami peningkatan pada momen liburan sekolah kali ini. Diperkirakan tingkat hunian kamar hotel makin tinggi saat akhir pekan.

“Yang signifikan terlihat itu di weekday. Yang biasanya low banget, sekarang dalam momentum liburan panjang, ditambah long weekend, okupansi meningkat signifikan,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pangandaran Agus Mulyana kepada Republika.

Baca Juga

Agus mengatakan, pada hari kerja atau weekday biasanya, okupansi hotel di Kabupaten Pangandaran jarang menyentuh angka 10 persen dari total 4.128 kamar yang tersedia. 

Sementara pada momen liburan sekolah ini, berdasarkan data hingga Rabu (28/6/2023), kata dia, okupansi hotel bisa mencapai 40 persen. Khusus hotel di wilayah sekitar kawasan wisata Pantai Pangandaran, okupansinya disebut sekitar 50 persen.

 

Menurut Agus, tingkat hunian kamar hotel ini akan meningkat pada akhir pekan. Pada akhir pekan ini, kata dia, diperkirakan tingkat okupansinya mencapai 70 persen. Sementara hotel di sekitar kawasan Pantai Pangandaran bisa sekitar 90 persen. “Kalau weekend mah memang selalu ramai,” kata dia.

Agus mengatakan, okupansi hotel di sekitar Pantai Pangandaran tinggi karena kawasan wisata tersebut paling populer. Mayoritas wisatawan yang menginap disebut memilih hotel di sekitar kawasan Pantai Pangandaran, Kecamatan Pangandaran.

“Karena biasanya wisatawan yang ke Batukaras atau tempat lain itu menginapnya di Pangandaran. Ke objek wisata lain hanya main saja,” kata Agus.

Menurut Agus, suasana kawasan wisata Pantai Pangandaran sudah mulai ramai sejak akhir pekan lalu. Diprediksi puncak kunjungan wisatawan akan terjadi pada akhir pekan mendatang.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement