Selasa 04 Jul 2023 06:30 WIB

Kembali Ricuh, Setelah Panji Gumilang Diperiksa Delapan Jam

Beberapa massa dan juga pengawal Panji juga menambah panas suasana.

Rep: Ali Mansur/ Red: Agus Yulianto
Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang diperiksa selama delapan jam di Bareskrim Polri.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang diperiksa selama delapan jam di Bareskrim Polri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun Panji Gumilang telah selesai menjalani pemeriksaan terkait kasus penistaan agama selama delapan jam dari pukul 14.00-22.00 WIB. Namun, kericuhan kembali terjadi antara polisi, massa Panji Gumilang, dan awak media pada saat Panji Gumilang keluar dari Bareskrim Polri pukul 23.30 WIB. 

Pada saat kericuhan, sejumlah anggota kepolisian yang mengawal Panji terkesan menghalang-halangi awak media. Ditambah beberapa massa dan juga pengawal Panji juga menambah panas suasana dengan ikut dalam kerumunan awak media dan saling dorong pun terjadi. Akibatnya, Panji Gumilang pun dibawa masuk kembali ke dalam gedung.

Baca Juga

Setelah adanya kesepakatan antara awak media dengan pihak kepolisian, Panji akhirnya kembali dikeluarkan dari Gedung Bareskrim Polri. Kali ini Panji Gumilang mau menyapa dan berbicara di depan awak media. Namun, Panji Gumilang hanya menjawab sedikit dari banyak pertanyaan yang dilontarkan awak media. 

"Saya paham sudah menunggu dari pagi, saya paham kalian ingin tahu dari mulut saya," kata Panji Gumilang saat menyapa awak media di depan gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (3/7).

 

Dalam kesempatan itu, Panji Gumilang mengaku, dicecar puluhan pertanyaan oleh penyidik selama proses pemeriksaan. Dia juga mengaku, sudah menjawab seluruh pertanyaan yang ditanyakan penyidik. Termasuk pertanyaan apakah dirinya pernah berurusan dengan hukum. Dia menjawab pernah ditahan oleh pihak berwajib.

"Saya telah berikan keterangan yang secukup-cukupnya pertanyaan yang disampaikan kepada saya lebih dari 30 pertanyaan, dan sudah bisa dijawab dengan baik mudah-mudahan semua berjalan lancar," kata Panji Gumilang. 

Sebelumnya, kericuhan juga terjadi saat Panji Gumilang tiba di gedung Bareskrim Polri pada Senin (3/7) sekitar pukul 13.52 WIB. Kericuhan itu terjadi lantaran pengawal Panji Gumilang melakukan tindakan agresif kepada awak media yang berupaya mendekati Panji Gumilang untuk meminta komentarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement