Selasa 04 Jul 2023 21:07 WIB

Atlet Binaraga dan Fisik dari 21 Provinsi Ramaikan Fornas VII

Perbafi berencana mengirimkan atlet terbaik Fornas ke kejuaraan internasional.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Binaraga.
Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
(ILUSTRASI) Binaraga.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Olahraga binaraga dan fisik dilombakan dalam ajang Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VII 2023, yang digelar di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Atlet binaraga dan fisik dari 21 provinsi meramaikan Fornas kali ini.

Ketua Umum Persatuan Binaraga dan Fisik Indonesia (Perbafi) Alamsyah Nasution menyambut baik masuknya binaraga dan fisik sebagai salah satu olahraga yang dilombakan pada Fornas. “Atlet yang ikut pertandingan ada 115 sampai 130 orang,” kata dia, Selasa (4/7/2023).

Baca Juga

Menurut Alamsyah, ada 21 provinsi yang mengirimkan atlet binaraga dan fisik untuk berlaga pada ajang Fornas. Sejumlah persiapan dilakukan oleh atlet dari berbagai provinsi tersebut. “Persiapannya enam bulan, alhamdulillah, hari ini berjalan lancar,” ujar dia.

Alamsyah menjelaskan, ada sembilan kategori pertandingan pada Fornas VII. Termasuk kategori disabilitas dan usia di atas 45 tahun. Bahkan, kata dia, ada atlet berusia 56 tahun yang mengikuti ajang tersebut dengan kondisi badan yang prima.

Lewat Fornas ini, Alamsyah berharap masyarakat dapat menggemari olahraga binaraga dan fisik yang mengedepankan kesehatan dan kebugaran tubuh.

“Olahraga ini memiliki tiga unsur: latihan otot, latihan jantung, dan melatih menjaga makanan sehat,” kata Alamsyah.

Alamsyah mengatakan, pihaknya berencana mengirimkan atlet terbaik pada Fornas VII untuk mengikuti kejuaraan di Singapura, yang dijadwalkan berlangsung pada September mendatang.

Ketua Perbafi Jawa Barat Chandra Ocan mengatakan, Provinsi Jabar mengirimkan 16 atlet binaraga dan fisik pada Fornas VII. Diharapkan atlet asal Jabar bisa berprestasi.

“Target kami para atlet binaraga mereka bisa berkarya menjadi atlet menuju jenjang internasional,” ujar Chandra.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement