Ahad 02 Jul 2023 21:45 WIB

Fornas VII Resmi Dibuka, Menpora Sebut Jabar Tepat Jadi Tuan Rumah

Fornas 2023 digelar di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Upacara Pembukaan atau Opening Ceremony Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VII 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (2/7/2023) malam.
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Upacara Pembukaan atau Opening Ceremony Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VII 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (2/7/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Upacara pembukaan atau “Opening Ceremony” Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VII 2023 digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), Ahad (2/7/2023) malam. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo senang melihat antusiasme masyarakat menyambut ajang Fornas ini.

Selain Menpora, upacara pembukaan Fornas ke-7 dihadiri juga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Bupati Bandung Dadang Supriatna, serta kepala daerah dari sejumlah provinsi dan kabupaten/kota.

Baca Juga

Acara pembukaan Fornas 2023 ini dimulai dengan berbagai pertunjukan budaya dan paduan suara, serta dimeriahkan musisi legendaris Iwan Fals.

 

 

photo
Sejumlah penari tampil saat upacara pembukaan Fornas VII 2023. - (Abdan Syakura/Republika)

 

Menpora Dito Ariotedjo menilai, penunjukan Jabar sebagai tuan rumah Fornas VII 2023 sangat tepat. “Terpilihnya Jawa Barat menjadi tuan rumah Fornas sangat tepat karena dari antusiasme warga, induk olahraga, dan masyarakat menyambut antusias dengan positif,” kata Menpora di sela-sela upacara pembukaan Fornas.

Fornas 2023 akan melibatkan kurang lebih 25 ribu orang dan 88 induk organisasi olahraga (inorga). Ada tiga kategori yang dilombakan, yaitu olahraga kesehatan dan kebugaran, olahraga petualangan, serta olahraga tradisional dan kebudayaan, dengan 352 nomor pertandingan. 

Menpora mengatakan, ajang Fornas ini memadukan berbagai unsur. “Yang pasti kita lihat olahraga rekreasi ini memadukan budaya, histori, dan juga semangat gotong royong, dan nilai-nilai kebudayaan Indonesia, dan ingin Indonesia lebih sehat lagi,” ujarnya.

Kegiatan Fornas ini bertepatan dengan ASEAN Sports Day. Menpora menilai, hal ini bagus untuk menjadi media memperlihatkan keragaman budaya kepada negara tetangga. “Bertepatan dengan ASEAN Sports Day, tujuan biar negara tetangga bisa melihat multikutural dari Indonesia,” kata Menpora.

 

photo
Menko PMK Muhadjir Effendy (ketiga kiri) bersama Menpora Dito Ariotedjo (kedua kiri), Ketua KORMI Jabar Denda Alamsyah (kiri), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ketiga kanan) dan Bupati Bandung Dadang Supriatna (kanan) menembakkan katapel saat membuka Fornas VII 2023. - (Abdan Syakura/Republika)

 

Bupati Bandung Dadang Supriatna bersyukur Kabupaten Bandung bisa menjadi tempat pelaksanaan Fornas VII 2023. “Terima kasih kepada Ketua Umum KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) nasional yang sudah memberikan kepercayaan di Jawa Barat dan Gubernur dan KORMI Jabar,” katanya.

Dadang menyebut ada sekitar 50 venue yang disiapkan untuk pelaksanaan Fornas. Empat lokasi utamanya disebut di Stadion Si Jalak Harupat, lingkungan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung di Soreang, kawasan wisata Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali, serta Lanud Sulaiman.

 

photo
Kontingen Provinsi Jawa Barat mengikuti pembukaan Fornas VII 2023. - (Abdan Syakura/Republika)

 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku bangga Jabar, khususnya Kabupaten Bandung, menjadi tuan rumah Fornas VII 2023. “Ini pilihan tepat (tuan rumah). Harapan kita juara,” kata dia.

Ridwan Kamil menilai, olahraga kompetisi maupun olahraga rekreasi masyarakat sama-sama penting. Diharapkan melalui olahraga ini masyarakat bisa sehat, juga bahagia. “Yang penting cari keringat, bahagia, berprestasi sesuai jenisnya masing-masing. Jangan lupa terus berolahraga,” ujar Ridwan Kamil.

 

photo
Sejumlah warga menyaksikan pembukaan Fornas VII 2023. - (Abdan Syakura/Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement