Kamis 06 Jul 2023 22:24 WIB

Plh Wali Kota Bandung Berharap Kunjungan Wisatawan Tingkatkan PAD

Jajaran Pemkot Bandung diminta melihat peluang pendapatan daerah.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Irfan Fitrat
Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna berharap pendapatan asli daerah (PAD) bisa terus bertambah. Termasuk dari kunjungan wisatawan.

“Di tahun 2022, capaian pajak daerah Kota Bandung saya pikir sudah menghadirkan angka yang sangat baik, yakni Rp 2,183 triliun, walaupun capaiannya dari target itu 89 persen,” kata Ema di Balai Kota Bandung, Kamis (6/7/2023).

Baca Juga

Ema optimistis PAD bertambah. Aktivitas wisata diharapkan turut menambah pendapatan daerah. Apalagi, kata dia, pada 2023 ini ada sejumlah rangkaian libur panjang dan cuti bersama, yang memberikan peluang wisatawan berkunjung ke Kota Bandung. 

“Libur panjang kemarin ini cukup banyak yang datang ke Bandung. Saya pikir ini bisa menjadi hal baik dan berkorelasi dengan pendapatan yang diperoleh Kota Bandung,” kata Ema.

Ema mengatakan, jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan melihat sejauh mana peluang pendapatan daerah di tahun berjalan. Hal ini juga berkaitan dengan upaya pemkot menghitung APBD Perubahan 2023.

“Bappelitbang (Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan) dan Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) nantinya bisa mengukur secara optimal berapa capaian pendapatan untuk memenuhi kebutuhan belanja pada tahun ini,” kata Ema.

Untuk itu, Ema juga mengimbau seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkot Bandung menindaklanjuti rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Ada batasan waktu 60 hari kerja, artinya harus selesai tanggal 29 Juli,” ujar Ema.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement