Jumat 07 Jul 2023 19:54 WIB

Diundang ke Tiongkok, Emil Ingin Lanjutkan Sister Province dengan Guangxi Zhuang

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengapresiasi kerja sama dengan Guangxi Zhuang. 

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil diundang ke Tiongkok pada akhir Juli mendatang. Dari kunjungan ini, Ridwan Kamil berharap bisa melanjutkan kerja sama sister province dengan Guangxi Zhuang.

Sebelumnya, Ridwan Kamil kedatangan wakil gubernur Guangxi Zhuang di Gedung Sate, Kota Bandung, Jabar, Kamis (6/7/2023). Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dalam pertemuan itu dibahas rencana kelanjutan kerja sama sister province.

Baca Juga

Untuk menindaklanjuti kerja sama itu, Emil diundang ke Tiongkok. “Mengundang saya ke Tiongkok. Kebetulan jadwalnya katanya bareng dengan Pak Presiden (Joko Widodo), juga di akhir Juli,” kata Emil.

Emil mengapresiasi kerja sama yang terjalin selama ini dengan Guangxi Zhuang. Bahkan, pada masa pandemi Covid-19, kata dia, Guangxi Zhuang menunjukkan sesuatu yang berkesan bagi Jabar, yaitu memberikan bantuan oksigen untuk membantu penanganan warga yang terpapar Covid-19.

“Saat Covid membantu oksigen ke Jawa Barat. Saya berterima kasih bahwa urusan kemanusiaan lintas negara,” ujarnya.

Dengan kunjungannya ke Tiongkok nanti, Emil berharap kerja sama sister province dengan Guangxi Zhuang bisa berlanjut. “Guangxi Zhuang ini sister province yang kerja samanya sudah banyak. Kalau memang diizinkan, nanti saya ke sana memperbarui sister province yang sudah habis di tahun lalu. Jadi, ada perpanjangan per lima tahun,” ujar Emil.

Menurut Emil, sejauh ini pun sudah ada 27 investor dari Guangxi Zhuang yang hadir di Jabar dalam rangka melakukan kerja sama. Ada sejumlah sektor yang dilirik para investor itu, yaitu ekonomi, industri, pendidikan, dan pariwisata. “Ada 27 investor dari mereka, sekarang ada di Bekasi,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement