Ahad 09 Jul 2023 15:12 WIB

Jalan Lintas Pantai di Pangandaran Dibangun, Permudah Akses ke Batukaras

Pemprov Jabar berharap pembangunan jalan lintas pantai itu tuntas 2023 ini.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memulai proyek pembangunan jalan lintas pantai di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jabar, Ahad (9/7/2023).
Foto: Dok. Republika.
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memulai proyek pembangunan jalan lintas pantai di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jabar, Ahad (9/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN — Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) membangun jalan lintas pantai di wilayah Kabupaten Pangandaran. Jalan lintas yang akan dibangun itu disebut dapat memudahkan akses menuju kawasan wisata Pantai Batukaras di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, pembangunan yang dilakukan berupa perbaikan jalan dan pembuatan jembatan. Pemprov Jabar disebut menyiapkan anggaran sekitar Rp 72 miliar untuk pembangunan infrastruktur itu. “Sudah dianggarkan, sudah dilelang, siap untuk dipercepat pembangunannya,” kata dia di Kabupaten Pangandaran, Ahad (9/7/2023).

Baca Juga

Menurut Ridwan Kamil, jalan lintas pantai itu akan mempermudah wisatawan yang hendak berkunjung ke Pantai Batukaras. Jika biasanya wisatawan dari pusat Kecamatan Cijulang menuju Pantai Batukaras membutuhkan waktu sekitar satu jam, dengan jalan lintas pantai ini dapat lebih cepat. “Yang tadinya memutar butuh satu jam, sekarang mungkin hanya sepuluh menit,” ujar dia.

Ridwan Kamil mengatakan, pekerjaan pembangunan jalan dan jembatan itu diperkirakan rampung pada Oktober atau November 2023. Ia berharap pembangunan infrastruktur tersebut akan bermanfaat untuk masyarakat sekaligus mendorong aktivitas pariwisata di Kabupaten Pangandaran.

Menurut Ridwan Kamil, pembangunan jalan lintas pantai itu merupakan salah satu bentuk komitmen pemprov untuk membenahi infrastruktur, khususnya di wilayah selatan Jabar.

Sebelumnya, Pemprov Jabar membangun jalan lintas pantai menuju Pantai Madasari di Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. “Jadi, terlihat ada geliat pariwisata. Saya yakin Pangandaran akan jadi salah satu destinasi pariwisata terbaik di Indonesia,” kata dia.

Selain di Kabupaten Pangandaran, menurut Ridwan Kamil, Pemprov Jabar juga terus berupaya membenahi infrastruktur jalan di kabupaten/kota lainnya. Tahun ini disebut dibenahi jalan total sepanjang sekitar 354 kilometer.

Adapun tahun depan jalan yang akan dibenahi Pemprov Jabar total sepanjang sekitar 800 kilometer. “Sesuai komitmen kami, pasca-Covid-19 uang sudah normal lagi, kita akan fokuskan kepada perbaikan infrastruktur,” ujar Ridwan Kamil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement