Selasa 11 Jul 2023 16:26 WIB

Presiden Resmikan Tol Cisumdawu dari Mulut Terowongan Tol Terpanjang

Terowongan kembar tol Cisumdawu memiliki panjangnya 472 meter. 

Presiden Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Cisamdawu di Sumedang, Jawa Barat, Selasa (11/7/2023).
Foto: dok. Rusman - Biro Pers
Presiden Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Cisamdawu di Sumedang, Jawa Barat, Selasa (11/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dari mulut terowongan kembar terpanjang yang dipergunakan untuk tol, tepatnya di ruas KM 169, Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa.

"Kita berada di terowongan kembar yang panjangnya 472 meter. Ini di seluruh Indonesia tidak ada jalan tol yang melewati terowongan kembar macam ini," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam prosesi peresmian.

Selain memiliki panjang identik 472 km, terowongan kembar itu juga dibangun dengan diameter 14 meter yang menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipularang ke Tol Cipali.

Presiden bersyukur Tol Cisumdawu yang proses pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 2011 akhirnya bisa rampung secara penuh sepanjang 61,6 km.

"Artinya, sudah 12 tahun. Memang banyak problem di lapangan, utamanya masalah pembebasan lahan/pembebasan tanah," kata Presiden.

Menurut Presiden, Tol Cisumdawu menelan anggaran total sebesar Rp 18,3 triliun, yang Rp 9,07 triliun di antaranya berasal dari anggaran pemerintah sedangkan sisanya dibiayai melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Presiden menekankan kembali bahwa kehadiran Tol Cisumdawu akan mempermudah konektivitas menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka.

"Dulu memang ini kita kerjakan bersama-sama agar jalan tol (Cisumdawu) jadi, Bandara Kertajati juga jadi, berbarengan, tetapi sekali lagi karena pembebasan lahan, Bandara Kertajati selesai, Tol Cisumdawu belum selesai, sehingga ini ganggu operasional Bandara," katanya.

Presiden juga meyakini didukung Tol Cisumdawu, BIJB Kertajati akan menjadi Bandara masa depan kita. Terlebih banyak investor dari negara luar yang tertarik untuk masuk berinvestasi dalam pengelolaan BIJB Kertajati.

"Kalau saya melihat negara-negara lain berbondong-bondong masuk, artinya di Kertajati ini ada sesuatu dan kita harapkan ini akan jadi Bandara besar di masa datang," ujar Jokowi.

Tol Cisumdawu merupakan salah satu Proyek Straregis Nasional (PSN) yang ada di Jawa Barat dan menjadi akses utama menuju BIJB Kertajati, yang juga berstatus PSN.

Selain Tol Cisumdawu dan BIJB Kertajati, proyek PSN di Jawa Barat lainnya adalah Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), pembangunan tujuh bendungan, pengembangan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) di Cirebon, dan pembangunan Pelabuhan Patimban.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement