Selasa 11 Jul 2023 18:24 WIB

Pemkot Bogor Akui Jumlah Sekolah Negeri Belum Ideal

Pemkot Bogor mendorong penambahan SMP dan SMA negeri pada 2024.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Irfan Fitrat
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim.
Foto:

Ihwal SMA, Dedie mengatakan, Pemkot Bogor mendorong pembangunan SMAN 11 Bogor di Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan, serta pembangunan SMAN 12 Bogor di Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal.

“Jadi, artinya sebaran sekolah, rasio, akan semakin baik dan rasa keadilan masyarakat untuk mendapatkan sekolah negeri. Tentunya biayanya pasti lebih murah, fasilitasnya juga kurang lebih sama dengan swasta dan bisa diakses oleh publik,” ujar Dedie.

Menurut Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah II Jawa Barat Asep Sudarsono, sebenarnya sudah ada usulan pembangunan SMAN baru. Hanya saja, kata dia, ada kendala dalam penyediaan lahan untuk pembangunannya.

Asep menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) memiliki lahan di kawasan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan. Namun, kata dia, tidak bisa serta-merta pembangunan sekolah negeri dilakukan karena bisa diprotes oleh para pengelola sekolah swasta.

“Tapi, kalau ada desakan dari masyarakat bahwa mereka butuh SMA negeri, ya Pemkot Bogor buat analisisnya. Jadi, rencana memang ke depan mudah-mudahan ada SMAN 11 Bogor di Rancamaya, itu tanahnya dari Pemprov Jawa Barat, tapi kami menunggu usulan dari Pemkot Bogor,” kata Asep.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement