Selasa 11 Jul 2023 23:27 WIB

Tawon Vespa Sengat Tiga Warga Kuningan, Sarangnya di Atap Rumah

Ada dua bocah yang dikabarkan disengat tawon vespa.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Petugas pemadam kebakaran (Damkar) mengevakuasi sarang tawon yang berada di atap rumah warga di Dusun Wage, Desa Balong, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
Foto: Dok Damkar Kuningan
Petugas pemadam kebakaran (Damkar) mengevakuasi sarang tawon yang berada di atap rumah warga di Dusun Wage, Desa Balong, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN — Tiga warga di Dusun Wage, Desa Balong, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dilaporkan menjadi korban sengatan tawon Vespa affinis. Petugas pemadam kebakaran (Damkar) diminta bantuannya untuk mengevakuasi sarang tawon yang diketahui berada di atap rumah warga.

Kepala UPT Damkar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuningan M Khadafi Mufti menjelaskan, berdasarkan informasi dari pemilik rumah, Onari (70 tahun), keberadaan sarang tawon itu baru diketahui setelah salah seorang cucunya, Noval (9), disengat tawon. Bocah tersebut disengat tawon pada kaki sebelah kanannya.

Baca Juga

Selain Noval, ada dua warga lainnya yang dikabarkan disengat tawon vespa, yaitu Yoga (9), terkena sengatan di kaki sebelah kiri, dan Kusnan (30), terkena sengatan di kepala.

Khadafi mengatakan, pemilik rumah khawatir tawon vespa akan menyengat anggota keluarganya yang lain. Apalagi, sengatan tawon jenis vespa tersebut dapat membahayakan.

“Karena sudah ada korban yang tersengat dan takut memakan korban lagi, akhirnya Ibu Onari langsung menghubungi kami untuk meminta bantuan eksekusi atau memusnahkan sarang tawon tersebut,” kata Khadafi, Selasa (11/7/2023).

Tiga petugas Damkar dikerahkan untuk mengevakuasi sarang tawon dari atap rumah warga tersebut. Hanya dalam waktu sepuluh menit, petugas yang telah terlatih itu dapat mengevakuasi sarang tawon. 

“Apabila dibiarkan atau tidak dimusnahkan, dikhawatirkan dapat membahayakan warga yang berada di sekitar lokasi sarang tawon,” kata Khadafi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement