Jumat 24 Nov 2023 14:32 WIB

Sedang Santai di Teras, Warga Kuningan Lihat Biawak Masuk Rumah

Warga meminta bantuan petugas damkar untuk mengevakuasi biawak.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Petugas pemadam kebakaran berupaya mengevakuasi seekor biawak yang terperangkap.
Foto: Dok Damkar Kuningan
(ILUSTRASI) Petugas pemadam kebakaran berupaya mengevakuasi seekor biawak yang terperangkap.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN — Seekor biawak dilaporkan masuk ke rumah salah satu warga di wilayah Dusun Manis, Desa Purwasari, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Kamis (23/11/2023) malam. Pemilik rumah meminta bantuan petugas pemadam kebakaran (damkar) untuk mengevakuasi satwa liar itu.

Masuknya biawak ke dalam rumah warga itu dilaporkan terjadi sekitar 20.32 WIB. Kepala UPT Damkar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuningan M Khadafi Mufti mengatakan, biawak itu tiba-tiba masuk saat pemilik rumah, Edi (70 tahun), sedang duduk bersantai di teras.

Baca Juga

Terkejut melihat ada satwa liar masuk, pemilik rumah berusaha menghalau dan menggiring biawak tersebut ke kamar mandi agar lebih mudah menangkapnya. Biawak itu akhirnya bisa terkurang di kamar mandi. 

“Pemilik rumah kemudian meminta bantuan tetangga untuk menangkapnya. Namun, karena takut biawak lepas lagi, maka mereka menghubungi kami untuk meminta bantuan mengevakuasi biawak tersebut,” kata Khadafi, Jumat (24/11/2023).

 

Setelah mendapat informasi itu, dua petugas damkar mendatangi lokasi dan mengevakuasi biawak dari rumah warga tersebut. “Apabila dibiarkan atau tidak dievakuasi, dikhawatirkan biawak tersebut akan terlepas lagi dan mengganggu warga sekitar,” kata Khadafi. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement