Sabtu 18 Nov 2023 13:25 WIB

Lima Anak Ular Kobra Jawa Ditemukan di Klinik Kesehatan Wilayah Kuningan

Petugas damkar melakukan penyisiran untuk mengevakuasi ular.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Petugas damkar mencari ular di lingkungan salah satu klinik kesehatan wilayah Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Jumat (17/11/2023) malam.
Foto: Dok Damkar Kuningan
Petugas damkar mencari ular di lingkungan salah satu klinik kesehatan wilayah Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Jumat (17/11/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN — Lima anak ular kobra jawa ditemukan berada di salah satu klinik kesehatan wilayah Kelurahan Awirarangan, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Petugas pemadam kebakaran (damkar) menyisir area klinik tersebut untuk mengevakuasi anak ular berbisa itu.

Kepala UPT Damkar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuningan M Khadafi Mufti menjelaskan, awalnya keberadaan anak ular kobra jawa itu diketahui oleh office boy (OB) klinik tersebut pada Rabu (15/11/2023). Ada satu anak ular yang ditangkap petugas OB itu. 

Baca Juga

Pada Jumat (17/11/2023), kembali ditemukan satu anak ular kobra jawa. Ular itu terlihat oleh pasien yang sedang berobat. Petugas OB menangkap anak ular itu. “Karena penasaran, saksi (petugas OB) mencoba mencari lagi dan berhasil menemukan satu ekor lagi. Jadi, totalnya ada tiga ekor anak ular kobra jawa,” kata Khadafi, Sabtu (18/11/2023).

Dikhawatirkan masih ada ular lainnya, petugas OB melapor kepada pemilik klinik. Laporan itu diteruskan ke Kantor UPT Damkar Kabupaten Kuningan. Tiga petugas damkar meluncur ke klinik tersebut untuk melakukan penyisiran. Hasilnya, kembali ditemukan dua anak ular kobra jawa. “Jadi, total yang sudah ditemukan ada lima ekor anak ular kobra jawa,” ujar Khadafi.

Khadafi mengatakan, upaya pencarian ular pada Jumat malam itu terkendala kondisi yang gelap. Petugas berencana melanjutkan pencarian hari ini. Menurut Khadafi, meskipun masih kecil, ular kobra jawa ini dapat membahayakan karena tetap berbisa. Karenanya, petugas berupaya mengevakuasi anak ular yang berada di klinik kesehatan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement