Kamis 20 Jul 2023 11:43 WIB

PPATK Endus Ratusan Miliar Masih Ditarik dari Rekening Al Zaytun

PPATK membiarkan uang itu ditarik demi keperluan operasional Al Zaytun.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Agus Yulianto
Kepala PPATK Ivan Yustiavandana ketika diwawancarai wartawan.
Foto:

PPATK juga memantau rekening yang tidak diblokir tersebut masih melakukan transaksi keuangan. Ivan bahkan menduga jumlah uang yang ditarik melebihi kebutuhan operasional. 

"Rekening operasional masih bisa dipakai dan faktanya dilakukan penarikan dalam jumlah besar hampir setiap hari melebihi estimasi biaya kebutuhan operasional harian atau bulanan," ucap Ivan.

Sebelumnya, penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri meminta klarifikasi sejumlah saksi terkait penyelidikan kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) Panji Gumilang selaku pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun.

Selain menyelidik perkara dugaan TPPU, Dittipideksus dan Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri juga memberi asistensi ke Polres Indramayu yang tengah menyelidik dugaan penyalahgunaan zakat oleh Panji Gumilang yang dilaporkan oleh Forum Indramayu Menggugat (FIM).

Bareskrim Polri saat ini turut menyidik kasus dugaan penistaan agama Panji Gumilang, lebih 20 saksi telah dimintai keterangan, termasuk saksi ahli. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement