Senin 31 Jul 2023 15:11 WIB

Didukung Ibu Maju Pilgub DKI, Ridwan Kamil: Itu Jadi Nasihat

Menurut Ridwan Kamil, maju Pilgub DKI pilihan rasional.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.
Foto: dok. Rizal FS/Biro Adpim Jabar
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Masa jabatan Ridwan Kamil sebagai gubernur Jawa Barat (Jabar) periode 2018-2023 akan berakhir pada September mendatang. Ridwan Kamil menunjukkan masih akan berkarier dalam bidang politik, tapi belum memutuskan akan maju pemilihan kepala daerah (pilkada) atau pemilihan gubernur (pilgub) di mana.

Ridwan Kamil sebelumnya mempertimbangkan untuk kembali maju Pilgub Jabar atau Pilgub DKI Jakarta. Sang ibu, Tjutju Sukaesih, yang akrab disapa Maci, memberikan dukungan jika anaknya akan maju Pilgub DKI Jakarta.

Baca Juga

Ditanya dukungan sang ibu, Ridwan Kamil menilainya sebagai nasihat. “Kalau Maci mah seorang ibu, pasti selalu memberi nasihat yang paling baik. Poinnya adalah mana yang terbaik. Kalau memang harus di tempat baru, ya pilihan DKI itu jadi sebuah nasihat, bukan berarti tidak ya karena per hari ini masih di Jabar,” ujar Ridwan Kamil kepada wartawan, Senin (31/7/2023).

Menurut Ridwan Kamil, jika tidak kembali maju Pilgub Jabar, DKI Jakarta adalah pilihan paling rasional. Namun, ia menilai, saat masih terlalu dini untuk memberikan keputusan.

 

Ridwan Kamil masih menunggu hasil pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan anggota legislatif (pileg), yang rencananya berlangsung pada Februari 2024.

“Kalau nanya pilkada, terlalu awal. Nanti saja di Februari karena persentase (kursi legislatif) si partainya itu kan belum tahu, apa bisa sendiri atau koalisi (untuk mengusung calon gubernur). Makanya, masih panjang ya,” ujar Ridwan Kamil, yang sudah menjadi bagian dari Partai Golkar itu.

Pada Ahad (30/7/2023), saat berkunjung ke Tasikmalaya, Maci sempat menyampaikan pandangannya soal masa depan Ridwan Kamil setelah masa jabatannya sebagai gubernur Jabar 2018-2023 selesai. 

“Pak Emil (Ridwan Kamil) ku (oleh) Maci dianjurkan, kalau di Jawa Barat mau karena biasanya dia itu seperiode-seperiode. Wali kota (Bandung) satu periode, terus kalau Gubernur juga mungkin hanya tinggal tiga minggu. Nah, kalau memang mau dilepaskan, ceuk (kata) Maci teh pilih we jadi gubernur DKI, supaya pokoknya Jakarta teh dikumahakeun (dilakukan apa) supaya lebih terlihat,” ujar Maci.

Ihwal peluang anaknya menjadi wakil presiden atau presiden, Maci hanya berharap kelak ada presiden dari Jabar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement