Sabtu 05 Aug 2023 07:15 WIB

Tinjau Kilang Balongan Organisasi Energi Jepang Bawa Teknologi Energi Baru untuk Pertamina

Pertamina banyak melakukan berbagai upaya konservasi energi pada proses industrinya.

New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO) organisasi  pengembangan teknologi industri dan energi baru dari Jepang mengunjungi kilang Balongan
Foto: Dok. Republika
New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO) organisasi pengembangan teknologi industri dan energi baru dari Jepang mengunjungi kilang Balongan

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit VI Balongan menerima kunjungan New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO) organisasi  pengembangan teknologi industri dan energi baru dari Jepang.

Kedatangan NEDO di Kilang Pertamina Balongan turut didampingi Senior Vice President (SVP) fungsi Research and Technology Innovation (RTI)  PT Pertamina (Persero) Oki Muraza, VP Upstream RTI  Martegianti bersama staff lainnya, dan disambut baik oleh Tim Manajemen PT KPI RU VI Balongan di Gedung Administrasi RU VI Balongan, Kamis (3/8/2023).

 

photo
New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO) organisasi pengembangan teknologi industri dan energi baru dari Jepang mengunjungi kilang Balongan. - (Dok. Republika)

 

Oki Muraza mengatakan, secara umum tujuan RTI dan NEDO melakukan kunjungan ke Kilang Balongan adalah untuk mengetahui secara umum kegiatan operasional kilang Balongan. Sehingga, diharapkan dapat memberikan potensi kerja sama antara PT Pertamina (Persero), PT KPI, dan NEDO.

“Kunjungan ini merupakan salah satu upaya pengembangan bisnis Pertamina Group khususnya yang terkait dengan energi baru”, ungkap Oki.

Pada kesempatan tersebut, Pjs General Manager PT KPI RU VI Balongan Wahyu Sulistyo Wibowo mengatakan, Kilang Pertamina Balongan merupakan industri pengolahan minyak yang telah banyak melakukan berbagai upaya konservasi energi pada proses industrinya sehingga lebih ramah lingkungan.

Salah satu yang telah dilakukan yakni pemasangan solar cell untuk lampu penerangan jalan di komplek perkantoran dan perumahan, serta menciptakan berbagai inovasi efisiensi energi lainnya.

“Semoga pertemuan ini akan menghasilkan kerja sama yang baik di kemudian hari sehingga memiliki dampak yang baik pula untuk perusahaan dan lingkungan serta mewujudkan konsep Asia Zero Emission Community.” ungkap Wahyu dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (5/8/2023). 

Terkait pencapaian Energy Intensity Index (EII) RU VI Balongan yang berada pada Quartile III (Q3) dalam kelas EII dunia Base Solomon tahun 2020, menandakan komitmen RU VI Balongan dalam aspek konservasi energi.

Mendengar pemaparan terkait Kilang Balongan, Executive Director NEDO, Takashi Wada,  tertarik untuk membawa perusahaan Jepang beserta teknologi yang dimiliki ke Pertamina. Takashi berharap, bisa berkolaborasi dengan Pertamina dan bisa  berkontribusi dalam pengembangan energi baru di Kilang Pertamina Balongan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement