Selasa 08 Aug 2023 12:52 WIB

Optimisme Jabar Jaga Status Provinsi dengan Realisasi Investasi Tertinggi

Dalam lima tahun kepemimpinan Ridwan Kamil diharapkan investasi Rp 875 triliun.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat West Java Investment Summit (WJIS) 2022 di Bandung, Jawa Barat.
Foto:

Menurut Nining, Jabar mempunyai sejumlah faktor yang dapat mendukung investasi terus bertumbuh. Selain pelayanan optimal dan iklim investasi yang kondusif, ada juga faktor konektivitas infrastruktur yang mendukung, produktivitas tenaga kerja yang tinggi, potensi pasar yang besar, serta extended supply chain.

Untuk mendongkrak realisasi investasi tahun ini, Pemprov Jabar bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jabar kembali menggelar West Java Investment Summit (WJIS). WIJS 2023 akan digelar 9 Agustus 2023.

Deputi Kepala Perwakilan BI Jabar Bambang Pramono mengatakan, WJIS 2023 ini merupakan agenda yang kelima. Tahun ini mengangkat tema “Invest in Sustainable Growth”, yang berfokus pada empat isu utama, yakni hilirisasi, energi baru terbarukan, vocational education, dan new investment area

“Tema tersebut menunjukkan perhatian kami bersama Pemprov Jabar terhadap penggalian potensi dan promosi investasi pada sektor-sektor tersebut, yang tak hanya ditujukan untuk mengakselerasi pertumbuhan nilai investasi, namun juga peningkatan kualitas investasi yang berdampak luas kepada masyarakat,” kata Bambang. 

Berbeda dengan pelaksanaan WJIS sebelumnya, selain promosi peluang investasi, kali ini diselenggarakan agenda paralel dalam bentuk ASEAN Lecture Series. ASEAN Lecture Series mengangkat topik yang berhubungan dengan tema besar WJIS 2023, yaitu “Recovery and Rebuild: Challenges and Opportunities of ASEAN Interconnection and Sustainable Growth in Indonesia” . 

Topik tersebut diangkat sejalan dengan semangat Indonesia yang ingin menjadikan ASEAN tetap penting dan relevan, serta menjadi kawasan yang memiliki peran penting bagi dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement