Senin 14 Aug 2023 17:58 WIB

Pemindahan Penerbangan ke Bandara Kertajati Mulai Oktober, Alasannya Terkait Musim

Bandara Kertajati siap menyambut pemindahan layanan penerbangan dari Bandara Husein.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Presiden Joko Widodo meninjau fasilitas di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Selasa (11/7/2023).
Foto: Dok. Laily Rachev - Biro Pers
Presiden Joko Widodo meninjau fasilitas di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Selasa (11/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA — Pemerintah pusat merencanakan pemindahan sejumlah layanan penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Rencananya pemindahan layanan itu dilakukan mulai Oktober 2023.

Menurut Executive General Manager BIJB Kertajati, Nuril Huda, tanggal 29 Oktober 2023 dipilih untuk pemindahan layanan penerbangan komersial dari Bandara Husein ke Kertajati. “Alasannya karena tanggal tersebut merupakan dimulainya musim winter,” ujar Nuril.

Baca Juga

Nuril menjelaskan, dalam dunia penerbangan dikenal dua musim, yakni musim winter dengan periode 29 Oktober-28 Maret dan musim summer dengan periode 29 Maret-28 Oktober. 

Menurut dia, pemindahan penerbangan komersial ke Bandara Kertajati sengaja dilakukan pada awal winter agar pengurusan izin rutenya dapat dijadikan satu dalam musim tersebut.

Nuril memastikan kesiapan sarana prasarana di BIJB Kertajati dalam menyambut pemindahan sejumlah layanan penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara.

Untuk layanan penerbangan komersial, kata dia, sudah siap karena Bandara Kertajati sudah digunakan untuk pemberangkatan jamaah haji dan umrah reguler.

Sementara terkait layanan penerbangan domestik, menurut Nuril, dibutuhkan sedikit pembersihan karena fasilitas tersebut lama tak digunakan. Ia mengatakan, pembersihan area penerbangan domestik dipastikan tuntas sebelum waktu pemindahan layanan penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara.

Nuril mempersilakan masyarakat menyampaikan kritik, saran, dan masukan guna peningkatan kualitas pelayanan penerbangan di BIJB Kertajati. Ia mengaku pihaknya terbuka menerima masukan dari masyarakat agar dapat memberikan pelayanan penerbangan lebih baik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement