Selasa 15 Aug 2023 13:26 WIB

Buya Basri: Rapat Pleno MUI Tetapkan KH Anwar Iskandar Jadi Ketua Umum MUI

Masa khidmat KH Anwar Iskandar sampai Muyawarah Nasional (Munas) MUI 2025.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agus Yulianto
KH Anwar Iskandar (kiri) bersama Sekjen MUI Buya Amirsyah Tambunan (kedua kiri)
Foto: Dok Istimewa
KH Anwar Iskandar (kiri) bersama Sekjen MUI Buya Amirsyah Tambunan (kedua kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KH Anwar Iskandar telah ditetapkan sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang baru. Ia menggantikan KH Miftachul Akhyar yang mengundurkan diri. Ketetapan ini merupakan hasil dari Rapat Pleno MUI.

Meski begitu, hasil Rapat Pleno ini masih harus dilaporkan dalam Rapat Paripurna antara Dewan Pimpinan MUI dengan Dewan Pertimbangan MUI untuk mendapatkan pengesahan.

Rapat Pleno MUI yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (15/8/2023) ini dihadiri oleh seluruh Pimpinan Harian, Dewan Pimpinan (DP) MUI, Ketua serta Sekretaris Komisi, Badan/Lembaga yang ada di Dewan Pimpinan MUI.

"Tadi, sudah ditetapkan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar," kata Wakil Ketua Umum MUI, Buya Basri Bermanda yang menjadi Ketua Rapat Pleno, dilansir dari laman MUI Digital, Selasa (15/8/2023).

 

Buya Basri mengatakan, agenda dari Rapat Pleno MUI ini hanya menetapkan pengganti dari Ketua Umum MUI, KH Miftachul Akhyar yang telah mengundurkan diri.

Dari ketetapan ini, Buya Basri mengatakan, KH Anwar Iskandar akan disahkan sebagai Ketua Umum MUI melalui rapat paripurna yang akan dipimpin langsung oleh KH Ma'ruf Amin sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI.

Buya Basri mengungkapkan, keputusan untuk menetapkan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI telah melalui proses yang panjang dan sesuai dengan mekanisme yang ada di MUI.

“Mekanismenya ada rapat pleno untuk menetapkan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar,” ujar Buya Basri.

Buya Basri mengatakan, KH Anwar Iskandar saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI.

Ketua Organizing Committee (OC) Rapat Pleno DP MUI, KH Rofiqul Umam Ahmad menyampaikan, Rapat Pleno ini merupakan amanat dari hasil rapat pimpinan MUI pada 30 Mei 2023 lalu.

Kiai Rofiq mengatakan, agenda Rapat Pleno adalah memutuskan usulan Dewan Pimpinan MUI yang telah menyepakati nama KH Anwar Iskandar untuk menjadi Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar.

"Mengusulkan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar yang mengundurkan diri,” kata Rofiq.

Wasekjen MUI Bidang Ekonomi Syariah dan Halal ini menjelaskan, masa khidmat KH Anwar Iskandar nantinya akan meneruskan masa sisa jabatan KH Miftachul Akhyar sampai Muyawarah Nasional (Munas) MUI 2025.

Setelah rapat pleno ini, dia mengatakan, akan digelar Rapat Paripurna Dewan Pimpinan MUI yang akan dipimpin oleh Ketua Dewan Pertimbangan MUI yakni KH Ma'ruf Amin.

Perihal waktunya, Rofiq menjelaskan, Rapat Paripurna Dewan Pimpinan MUI tersebut akan dikonsultasikan terlebih dahulu dengan KH Ma’ruf Amin.

“Mengingat beliau sebagai Wakil Presiden tentu sangat sibuk dengan tugas-tugas kenegaraan sehingga perlu berkonsultasi untuk jadwal Rapat Paripurna tersebut,” ujar Rofiq.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement