Selasa 15 Aug 2023 16:27 WIB

Ratusan Mabar Poltekpar NHI Bandung Ikuti Pembinaan Sikap Dasar dan Profesi

EnhaiiCare merupakan aktivitas pengabdian Masyarakat yang menjadi wujud aksi nyata.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
EnhaiiCare digelar Jumat, 11 Agustus 2023 dan dilakukan di 5 lokasi di sektor pariwisata dan menggandeng Kecamatan Cidadap.
Foto: dok. Republika
EnhaiiCare digelar Jumat, 11 Agustus 2023 dan dilakukan di 5 lokasi di sektor pariwisata dan menggandeng Kecamatan Cidadap.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG --- Politeknik Pariwisata (Poltekpar) NHI Bandung menggelar kegiatan Pembinaan Sikap Dasar dan Profesi (PSDP) 2023 pada  7 – 11 Agustus 2023 yang diikuti sebanyak 652 mahasiswa baru. Kegiatan PSDP 2023 diadakan di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (SECAPA – AD) Kota Bandung dan di Kampus Poltekpar NHI Bandung. 

Menurut Ketua Panitia Dosen, Rizky Adhy, PSDP 2023 merupakan sebuah wadah untuk memperkenalkan dan mengajarkan sikap dasar serta nilai-nilai yang berlaku di lingkungan Politeknik Pariwisata NHI Bandung. Nantinya akan dijadikan sebagai pedoman untuk bertindak dan berperilaku khususnya dalam pengambilan keputusan sebagai citra mahasiswa-mahasiswi Politeknik Pariwisata NHI Bandung. 

"PSDP tahun ini, memiliki tagline yaitu, “NEW BEGINNING, NEW ME” yang memiliki arti bagaimana nantinya peserta PSDP 2023 mengalami permulaan yang baru ketika memasuki Politeknik Pariwisata NHI Bandung sehingga permulaan yang baru ini akan menciptakan versi baru yang lebih baik dari diri peserta," ujar Rizky, Selasa (15/8/2023).

Kegiatan PSDP 2023, kata dia, dimulai dengan kegiatan Pra-PSDP pada 6 Agustus 2023 dan dilanjutkan selama selama 3 hari dari 7 – 9 Agustus 2023 di SECAPA-AD untuk melatih mahasiswa – mahasiswi baru dalam meningkatan kedisiplinan, kebersamaan kerja dalam tim, dan kemandirian. 

Menurut dia, materi kegiatan yang disampaikan di SECAPA-AD yaitu: Wawasan Kebangsaan, NKRI, Pancasila, Radikalisme, Bahaya Narkoba dan PBB yang telah disesuaikan dengan Panduan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dikieluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2021. 

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kata dia, untuk pertama kalinya PSDP 2023 mengusung kegiatan baru, yaitu menyelenggarakan EnhaiiCare 2023. EnhaiiCare merupakan aktivitas pengabdian Masyarakat yang menjadi wujud aksi nyata Dosen dan Mahasiswa Poltekpar NHI Bandung, mengajak mahasiswa – mahasiswi baru untuk terjun langsung sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan sekitar. 

EnhaiiCare dilaksanakan pada Jumat, 11 Agustus 2023 dan dilakukan di 5 (lima) lokus di sektor pariwisata dan menggandeng Kecamatan Cidadap dengan total mencapai 30 lokus dengan pembagian Kelurahan Ledeng dan Kelurahan Hegarmanah. 

"Diharapkan hasil dari kegiatan EnhaiiCare ini dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh Masyarakat," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement