Rabu 16 Aug 2023 12:30 WIB

Unisba Buka Peluang Kerja Sama Tridarma dengan Industri di Batam

Unisba menjajaki kerja sama dengan PT Batamindo Investment Cakrawala.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Wakil Rektor IV Unisba, Ratna Januarita.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Wakil Rektor IV Unisba, Ratna Januarita.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Islam Bandung (Unisba) terus berupaya membuka peluang kerja sama tridarma perguruan tinggi dengan dunia industri atau usaha. Peluang kerja sama ini diharapkan terbuka dalam berbagai bidang.

“Kami terus menjalin kerja sama dengan dunia industri dan dunia usaha, terutama dalam bidang tridarma, yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” kata Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama, Internasionalisasi, dan Promosi Unisba Ratna Januarita.

Baca Juga

Dengan kerja sama itu, Ratna mengatakan, Unisba berupaya membuka peluang untuk meningkatkan kompetensi lulusan ataupun berbagi keilmuan dalam bidang-bidang penelitian para dosen Unisba.

Pada Selasa (15/8/2023), rombongan Unisba mengunjungi kantor PT Batamindo Investment Cakrawala di Kota Batam, Kepulauan Riau. Selain Ratna, ikut juga dekan Fakultas Dakwah, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 

Melalui kunjungan itu, Ratna mengatakan, diharapkan dapat terjalin kerja sama dan peluang lainnya yang sesuai dengan tridarma perguruan tinggi.

License Executive PT Batamindo Investment Cakrawala, Muhammad Arif, mengatakan, perusahaannya menyambut baik penjajakan kerja sama dengan Unisba, yang memiliki 10 fakultas dan 33 program studi. Ia menjelaskan, PT Batamindo mengelola area industri yang diisi sejumlah perusahaan nasional maupun internasional, terutama yang bergerak dalam bidang perdagangan. 

“PT Batamindo ini memiliki beberapa tenant yang menjadi rekanan, yang mengelola perusahaannya di area industri yang dikelola oleh Batamindo, bahkan ada perusahaan dari Jepang dan Jerman. Dengan adanya kerja sama Unisba dan Batamindo, kami juga bisa menyalurkan dengan para tenant kami sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi,” kata Arif. 

Setelah mengunjungi PT Batamindo Investment Cakrawala, rombongan Unisba melanjutkan kunjungan ke PT Tunas Karya. Perusahaan tersebut salah satu industri yang menyerap lulusan Unisba. PT Tunas Karya juga perusahaan yang menyokong tenaga kerja di PT Batamindo.

Kunjungan Unisba itu diharapkan akan berlanjut pada penandatanganan kerja sama tridarma dengan PT Batamindo Investment Cakrawala maupun dunia industri lainnya di Kota Batam.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement