Jumat 18 Aug 2023 07:19 WIB

Puan: Jokowi tak Terlibat dalam Koalisi Prabowo

Jokowi tidak akan mencampuradukkan masalah politik dan pemerintahan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Ketua DPR Puan Maharani.
Foto: Tangakapan layar
Ketua DPR Puan Maharani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Puan Maharani meyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak ikut campur dalam pembentukan koalisi empat partai pendukung Prabowo Subianto. Sesuai pernyataan Jokowi dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR, Puan juga menyebut, Jokowi adalah presiden RI, bukan ketua umum atau ketua koalisi.

"Kemarin kan saat di pidato sidang tahunan tanggal 16 Agustus bisa lihat sendiri apa yang disampaikan oleh Presiden. Pak Presiden adalah Presiden Republik Indonesia, Pak Jokowi adalah Presiden Republik Indonesia, bukan ketua umum atau ketua koalisi," kata Puan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip pada Jumat (18/8/2023).

Baca Juga

Karena itu, Puan juga meyakini, Jokowi tidak akan mencampuradukkan masalah politik dan pemerintahan. "Ya, jadi saya meyakini hal tersebut karenanya memang secara politik sebaiknya tidak perlu dicampuradukkan urusan politik dan pemerintahan," ujar dia.

Puan juga menilai, selama ini, Jokowi fokus dalam bekerja menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah yang belum selesai. Sebab, masa jabatan Jokowi pun juga akan segera berakhir pada tahun depan.

 

"Saya melihat pak Jokowi fokus bekerja menyelesaikan pekerjaan rumahnya kalau kita lihat masa periode ini kan tahun depan itu nggak sampai satu tahun lagi. Saya lihat beliau fokus dalam menyelesaikan pekerjaan rumahnya," kata Puan.

Terkait banyaknya partai pendukung Prabowo saat ini, Puan pun menyebut bahwa PDI Perjuangan masih tetap akan membuka pintu komunikasi dan menjalin silaturahmi dengan partai lainnya.

"PDI Perjuangan akan tetap membuka pintu menjalin silaturahmi, membuka komunikasi, masih ada 2 bulan dinamika politik itu baik turun. Ada pasang dan ada surutnya," kata Puan.

Puan juga optimistis, nantinya PDIP akan bekerja sama dengan partai politik terbaik untuk mencalonkan capres dan cawapres terbaik.

"Saya optimis bahwa nanti insyaallah ada waktunya calon-calon terbaik akan kerja sama juga dengan partai politik terbaik untuk maju dalam kontestasi pilpres 2024," ujar dia.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement