Senin 28 Aug 2023 17:41 WIB

Lomba Kereta Peti Sabun di Bandung Diharapkan Jadi Agenda Tahunan

Disbudpar melihat potensi lomba kereta peti sabun jadi agenda wisata unggulan.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Peserta beradu kecepatan saat Lomba Kereta Peti Sabun (LKPS) ke-10 di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/8/2023).
Foto:

Menurut Kemal, lomba kereta peti sabun pertama digelar di Kota Bandung pada sekitar 1950-an. “Terakhir di Jalan Sukajadi, tahun 1988,” kata dia, saat ditemui pada ajang LKPS 2023 di Jalan Diponegoro, Ahad (27/8/2023).

Lomba kereta peti sabun ini berupaya diangkat kembali oleh Daya Mahasiswa Sunda (Damas) bersama Ikatan Alumni SMP 2 Bandung tahun 1983. Setelah 35 tahun vakum, akhirnya LKPS ke-10 bisa digelar di Kota Bandung tahun ini. “Ini bisa dibilang adalah sejarah baru,” ujar Kemal.

 

photo
Belasan kereta peti sabun yang memeriahkan LKPS ke-10 di Kota Bandung. - (Republika/Muhammad Fauzi Ridwan)

 

Kemal bersyukur LKPS dapat diselenggarakan kembali di Kota Bandung dan menarik perhatian berbagai kalangan. Dilaporkan ada sekitar 177 peserta dari berbagai daerah yang memeriahkan LKPS ke-10 ini. “Dulu orang pakai sabun batangan, jadi petinya dibuat kereta, makanya (namanya) lomba kereta peti sabun,” kata dia.

Sekarang, Kemal mengatakan, bahan kereta peti sabun ini lebih bervariasi. Didukung perkembangan teknologi, desain kereta peti sabun pun menjadi modern. “Anak-anak muda kreatif. (Contohnya) Ada (kereta peti sabun) yang seperti F1 dan roket,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement