Selasa 05 Sep 2023 09:52 WIB

Masa Jabatan Gubernur Jabar Habis, Ridwan Kamil Buka Layanan Jasa Arsitek

Ridwan Kamil masih menunggu kelanjutan karier politiknya.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Ridwan Kamil mengemas barang-barang pribadinya di rumah dinas gubernur Jawa Barat (Jabar), Gedung Pakuan, Kota Bandung, menjelang akhir masa jabatan.
Foto: Dok Humas Pemprov Jabar
Ridwan Kamil mengemas barang-barang pribadinya di rumah dinas gubernur Jawa Barat (Jabar), Gedung Pakuan, Kota Bandung, menjelang akhir masa jabatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Masa jabatan Ridwan Kamil sebagai gubernur Jawa Barat (Jabar) periode 2018-2023 berakhir pada 5 September ini. Selepas lengser dari tugasnya sebagai kepala daerah, Ridwan Kamil sudah mempunyai sejumlah rencana pribadi. Termasuk ladang usaha.

Ridwan Kamil tidak menutup kemungkinan membuka layanan jasa arsitek. Sebelum menjadi wali kota Bandung dan gubernur Jabar, ia menjalani profesi sebagai arsitek. Saat menjadi kepala daerah pun, lulusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) itu kerap membantu membuat desain bangunan, seperti masjid.

Baca Juga

“Kalau ada yang butuh jasa arsitek seorang Ridwan Kamil, silakan hubungi manajer saya,” ujar dia di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (4/9/2023).

Selain layanan jasa arsitek, Ridwan Kamil mengaku bisa mempromosikan produk lewat akun media sosialnya. Pria yang akrab disapa Emil itu mempunyai sejumlah akun media sosial, salah satunya di Instagram, dengan followers mencapai 20 juta.

“Kalau ada yang mau endorse, silakan hubungi manajer saya,” kata Emil, sambil menunjuk istrinya, Atalia Praratya.

Emil pun berkelakar sehubungan dengan penampilannya yang necis dan segar. “Dalam waktu dekat saya akan meluncurkan produk skincare,” ujar dia.

Ihwal karier politiknya, Emil mengaku masih menunggu. Menurut dia, dinamika politik nasional penuh tikungan dan kejutan. “Pokoknya menunggu takdir saja. Tunggu saja nanti breaking news,” kata dia.

Sebelumnya, Emil tidak menutup kemungkinan untuk kembali maju pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jabar. Ia juga terbuka melihat peluang untuk maju Pilkada DKI Jakarta. Bahkan, sempat ada rumor Emil menjadi salah satu yang dipertimbangkan sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres).

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement