Selasa 05 Sep 2023 20:42 WIB

Ada Pohon Pisang Unik di Kuningan, Tandannya Sampai 2 Meter

Pohon pisang itu tumbuh di belakang rumah warga Desa Cikandang.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Pohon pisang dengan tandan panjang di Dusun Timur, Desa Cikandang, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
Foto: Dok Diskominfo Kabupaten Kuninga
Pohon pisang dengan tandan panjang di Dusun Timur, Desa Cikandang, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN — Salah satu pohon pisang yang tumbuh di Dusun Timur, Desa Cikandang, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menarik perhatian. Sejumlah warga berdatangan untuk melihat dan berswafoto dengan pohon pisang yang ada di belakang rumah Darhan (51 tahun) itu.

Darhan mengaku tak menduga pohon pisang di belakang rumahnya ini akan berbeda dengan pohon pisang lain. Awalnya, kata dia, pohon pisang yang tidak diketahui jenisnya ini tumbuh seperti biasanya.

Baca Juga

Namun, setelah berumur sekitar lima bulan, tanda pohon pisang itu terlihat memanjang. Darhan mengaku terkejut melihat tandan dengan buah pisang yang sangat banyak itu. Padahal, pohon pisang itu tumbuh tanpa diberi pupuk.

“Saya sangat terkejut dan bingung karena (tandan) pohon ini terus tumbuh ke bawah dan tandannya mencapai 2 meter,” kata Darhan, Selasa (5/9/2023).

 

photo
Pohon pisang yang tumbuh di belakang rumah Darhan di Dusun Timur, Desa Cikandang, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan. - (Dok Diskominfo Kabupaten Kuningan)

 

Kepala Desa Cikandang, Didi Tarsadi, mengatakan, warga desanya banyak yang bertani atau berkebun. Tak sedikit warga yang menanam pohon pisang di lahan sekitar rumahnya. “Jenis pisang yang ditanam warga kebanyakan berupa pisang nangka, saba, rangrang, raju, dan muli,” kata Didi.

Didi mendorong pohon pisang yang tumbuh di belakang rumah Darhan dapat terus dibudidayakan. Dengan begitu, kata dia, diharapkan dapat menjadi sumber penghasilan bagi warga desanya. 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement