Ahad 03 Sep 2023 19:51 WIB

Dalam Satu Hari, Kebakaran Terjadi di Sejumlah Daerah Wilayah Kuningan

Terjadi kebakaran kandang kambing, rumah, juga kebakaran lahan.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Kebakaran melanda dua kandang kambing milik warga di Desa Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Sabtu (2/9/2023) dini hari.
Foto: Dok Damkar Kabupaten Kuningan
Kebakaran melanda dua kandang kambing milik warga di Desa Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Sabtu (2/9/2023) dini hari.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN — Dalam sehari, pada Sabtu (2/9/2023), terjadi kasus kebakaran di sejumlah daerah wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Petugas UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) bekerja keras menangani kebakaran yang terjadi di sejumlah lokasi itu.

Pada Sabtu, sekitar pukul 01.00 WIB, dilaporkan terjadi kebakaran dua kandang kambing yang lokasinya berdekatan di wilayah Dusun Wage RT 14/RW 04 Desa Pasawahan. Saat kejadian, dilaporkan tak ada ternak di kandang itu. Kandang berisi tumpukan kayu.

Baca Juga

Kepala UPT Damkar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuningan M Khadafi Mufti mengatakan, warga mengetahui kebakaran kandang kambing itu ketika api sudah berkobar. Warga berupaya memadamkan api dengan alat seadanya dan melaporkan kejadian itu ke UPT Damkar.

Menurut Khadafi, api yang membakar kandang kambing itu sempat dikhawatirkan merembet ke permukiman. Satu kendaraan damkar dikerahkan ke lokasi. Upaya pemadaman kebakaran selesai sekitar pukul 03.45 WIB. “Alhamdulillah, api dapat dipadamkan,” ujar dia.

Berdasarkan hasil pengumpulan bukti dan meminta keterangan dari saksi-saksi, Khadafi mengatakan, api yang memicu kebakaran itu diduga berasal dari pembakaran sampah di sekitar kandang kambing.

Kebakaran lahan

Pada sekitar pukul 17.00 WIB, UPT Damkar Kabupaten Kuningan kembali menerima laporan kebakaran. Kali ini dilaporkan kebakaran di lahan bambu milik warga di wilayah Jalan Raya Cigugur-Gunung Keling, Kelurahan Cigugur, Kecamatan Cigugur.

Kemudian, pada pukul 18.20 WIB, dilaporkan kejadian kebakaran lahan milik warga di kawasan Blok Pahing, Desa Ciawigebang, Kecamatan Ciawigebang. Sekitar pukul 18.35 WIB, ada lagi laporan kebakaran lahan warga di wilayah Dusun 3 Cantilan, Desa Sangkanmulya, Kecamatan Cigandamekar. 

Menurut Khadafi, kebakaran lahan itu diduga dipicu aktivitas pembakaran lahan atau sampah, yang apinya merembet dan menyebabkan kebakaran lebih luas.

Selain kebakaran lahan, sekitar pukul 20.00 WIB, petugas mendapatkan laporan kebakaran sebuah rumah warga di wilayah Dusun Manis, Desa Danalampah, Kecamatan Pancalang. Menurut Khadafi, api diduga berasal dari kompor gas yang lupa dimatikan. 

Petugas UPT Damkar mesti berbagi tugas dan bekerja keras menangani kebakaran di empat lokasi pada Sabtu malam ini. “Tidak ada korban jiwa dalam kempat peristiwa kebakaran itu,” kata Khadafi, Ahad (3/9/2023).

Khadafi mengimbau warga di Kabupaten Kuningan tetap waspada akan potensi kebakaran, terlebih saat musim kemarau. Ia juga kembali mengingatkan kepada warga agar tidak membakar lahan.

Ia mengatakan, orang yang membakar lahan dapat dikenakan sanksi penjara ataupun denda, sebagai ketentuan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement