Ahad 03 Sep 2023 18:00 WIB

Diduga dari Kompor yang Lupa Dimatikan, Api Membakar Rumah di Kuningan

Penghuni rumah dikabarkan sempat ketiduran saat memasak.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Kebakaran melanda sebuah rumah di wilayah Dusun Manis, Desa Danalampah, Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Sabtu (2/9/2023).
Foto: Dok UPT Damkar Kabupaten Kuningan
Kebakaran melanda sebuah rumah di wilayah Dusun Manis, Desa Danalampah, Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Sabtu (2/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Kebakaran melanda sebuah rumah di wilayah Dusun Manis, Desa Danalampah, Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Api diduga berasal dari kompor gas yang lupa dimatikan oleh pemilik rumah.

Peristiwa kebakaran rumah warga itu dilaporkan terjadi pada Sabtu (2/9/2023), sekitar pukul 20.00 WIB. Menurut Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuningan M Khadafi Mufti, sebelum kejadian, anak pemilik rumah, M (16 tahun), memasak di dapur.

Baca Juga

Sementara orang tuanya tengah berada di luar kota. “Sambil menunggu masakan matang, saksi (M) tiduran,” ujar Khadafi, Ahad (3/9/2023).

Khadafi mengatakan, anak pemilik rumah itu lantas terbangun dari tidurnya karena merasakan hawa panas di dalam kamarnya. Selain itu, terdengar suara gaduh dari arah dapur. Setelah dicek, ternyata api sudah membakar kompor dan atap bangunan dapur.

Menurut Khadafi, akan pemilik rumah itu sempat berupaya memadamkan api dengan menyiramkan air dan menggunakan lap yang dibasahi air. Namun, karena api sudah membesar, akan pemilik rumah itu berlari keluar dan meminta bantuan warga sekitar.

Warga dan aparat pemerintah desa setempat bergotong royong berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Lantaran api membesar dan sulit dipadamkan, kejadian itu dilaporkan oleh salah seorang warga ke UPT Damkar Kabupaten Kuningan.

Dua unit kendaraan Damkar dikerahkan ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan. Kebakaran dilaporkan bisa dipadamkan sekitar pukul 22.30 WIB. Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran rumah itu. Adapun nilai kerugian materiel akibat kebakaran diperkirakan mencapai sekitar Rp 90.800.000.

“Setelah dilakukan pengumpulan data dan pemeriksaan saksi-saksi, penyebab kebakaran diduga dari kompor gas yang lupa dimatikan,” kata Khadafi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement