Rabu 06 Sep 2023 08:56 WIB

Petani Meninggal Diduga Terbakar Saat Bersihkan Lahan di Jonggol Bogor

Petani yang mengalami strok itu diduga tidak sempat menyelamatkan diri.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kebakaran lahan.
Foto: Foto : MgRol112
(ILUSTRASI) Kebakaran lahan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Seorang petani berinisial O (60 tahun) dikabarkan meninggal dalam kebakaran lahan yang terjadi di Desa Singasari, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Diduga bahwa korban tengah membersihkan lahan dengan cara membakar ilalang.

Kepala Polsek (Kapolsek) Jonggol Kompol Mulyadi Asep Fajar mengatakan, peristiwa tersebut dilaporkan terjadi pada Selasa (5/9/2023) di lahan milik warga setempat berinisial EB.

Baca Juga

“Lahan dibakar oleh korban sendiri. Mengingat kondisi korban dalam keadaan sakit gejala strok dan susah untuk berjalan, korban tidak sempat menyelamatkan diri saat lokasi lahan sudah terbakar,” kata Kapolsek, Selasa (5/9/2023).

Kapolsek menjelaskan, awalnya dikabarkan korban berangkat dari rumah menuju lokasi tanah garapan pada Selasa pagi. Korban disebut berencana membersihkan lokasi lahan tanah garapan milik EB.

Kemudian, menurut Kapolsek, istri korban mengantarkan makanan ke lokasi lahan garapan itu. Setibanya di lokasi, istri korban melihat lokasi lahan sudah terbakar. “Sudah terbakar, diduga karena korban membakar lahan tersebut untuk membersihkan lahan dari rumput dan ilalang, seluas yang sudah terbakar sekitar seribu meter,” ujarnya.

Melihat kondisi lahan yang terbakar, Kapolsek mengatakan, istri korban memanggil-manggil suaminya, namun tidak ada jawaban. Setelah dicari, kata dia, korban ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia, dengan kondisi luka bakar. “Selanjutnya saksi berteriak meminta pertolongan kepada warga masyarakat sekitar dan korban dibawa ke kediamannya untuk segera dimakamkan,” kata Kapolsek.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement