Kamis 07 Sep 2023 17:39 WIB

Ridwan Kamil Jadi Cawapres Ganjar? Ini Kata PPP

Nama mantan gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat menjadi pembahasan.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Foto: Republika/Febryan A
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengeklaim, bahwa nama Ridwan Kamil belumlah dibahas oleh ketua umum partai politik pengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres). Namun, dia juga mendengar bahwa nama mantan gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau RK sempat menjadi pembahasan.

"Nama-nama itu juga belum muncul, tapi memang dari rasan-rasan, perbincangan-perbincangan selain Pak Sandi ada beberapa nama (kandidat cawapres untuk Ganjar)," ujar Sekretaris Jenderal PPP, Arwani Thomafi di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Baca Juga

"Kami rasa nama-nama itu (Ridwan Kamil) juga yang kami dengar seperti yang sampean tadi sebutkan, saya mendengar itu," sambungnya.

Ia sendiri mengaku, tak mengetahui maksud Ridwan Kamil yang menyebut akan adanya "breaking news" pekan depan. Sebab, Ganjar sendiri direncanakan menyelenggarakan ibadah umrah pada pekan depan.

"Artinya, ruang untuk memutuskan, membahas, dan memutuskan cawapresnya Mas Ganjar itu tentu kami akan selalu memegang teguh komitmen untuk memberikan kepercayaan dan menghormati Ibu Megawati, yang nantinya bersama dengan para ketum," ujar Arwani.

PPP sendiri masih menyodorkan nama Sandiaga Salahuddin Uno sebagai bakal cawapres dari Ganjar. Hal tersebut merupakan amanat rapat pimpinan nasional (Rapimnas) yang digelar pada pertengahan 2023.

Para ketua umum partai politik pengusung Ganjar sendiri sudah menggelar rapat konsolidasi pada Senin (4/9/2023) di Kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Nantinya, ada ada rapat khusus untuk mendalami nama kandidat cawapres dari Ganjar.

"Tentu dalam perjalanannya nanti akan ada satu tahapan pembahasan diskusi, lalu pendalaman, dan juga pengambilan keputusan tentang siapa yg akan mendampingi Pak Ganjar sebagai cawapres," ujar anggota Komisi I DPR itu.

Setelah resmi menyerahkan jabatan gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan tanda akan adanya berita baru tentang dirinya pada pekan depan. Ia tidak menjelaskan lebih detail berita dimaksud.

"Kami mohon doa takdir kami ke mana, kami tidak tahu, tapi insyaallah Tuhan memberikan yang terbaik; tapi kalau minggu depan ada breaking news, ya mohon dimaklumi. Kodenya itu aja," ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat.

Pernyataan berbau politis itu disampaikan Ridwan Kamil saat menutup sambutannya di acara Pisah Sambut Gubernur Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate. Ucapan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil itu, disambut tawa dan tepuk tangan dari hadirin dan undangan yang hadir.

"Dari tempat ini, hatur nuhun (terima kasih), hatur nuhun pada jajaran Forkopimda yang membuat Jabar sangat-sangat kondusif; dan tak lupa keluarga saya sebagai charger saya setiap malam, yang mendukung saya selama umur saya terima kasih," kata Ridwan Kamil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement