Kamis 21 Sep 2023 22:48 WIB

Kebakaran Terjadi di Kawasan Gunung Kacapi Sumedang

Petugas gabungan berupaya menyekat api agar tidak terus merembet.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Kebakaran terjadi di kawasan Gunung Kacapi wilayah Desa Kebonjati, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (21/9/2023).
Foto: Dok Republika
Kebakaran terjadi di kawasan Gunung Kacapi wilayah Desa Kebonjati, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (21/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG — Kebakaran terjadi di kawasan Gunung Kacapi, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (21/9/2023). Petugas gabungan dari berbagai instansi berkoordinasi melakukan penanganan.

Peristiwa kebakaran dilaporkan terjadi sejak Kamis petang di kawasan Gunung Kacapi wilayah Desa Kebonjati, Kecamatan Sumedang Utara. 

Baca Juga

“Telah terjadi kebakaran lahan di Gunung Kacapi. Api terpantau di arah sebelah barat, merambat ke arah timur. Terus merambat ke arah selatan mengelilingi Gunung Kacapi hingga membakar pohon bambu dan ilalang,” kata Kepala Polres (Kapolres) Sumedang AKBP Indra Setiawan, saat dikonfirmasi, Kamis.

Kapolres mengatakan, tim gabungan dari berbagai instansi, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang, Koramil, juga jajaran kepolisian berupaya melakukan pemadaman.

“Upaya-upaya yang telah dilakukan aparat gabungan adalah pemadaman api dengan menyekat api supaya tidak meluas dan mendekat ke permukiman penduduk,” kata dia.

Menurut Kapolres, kondisi api terpantau mengecil. Namun, kata dia, tetap diwaspadai kemungkinan membesar kembali akibat angin. “Masih menyala (api),” katanya.

Kapolres mengatakan, petugas melakukan upaya mitigasi di lapangan dengan mengingatkan masyarakat sekitar agar bersiaga menyiapkan peralatan pemadaman kebakaran. “Sampai saat ini tidak ada korban jiwa maupun materiel permukiman yang terbakar,” ujarnya.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement