Senin 25 Sep 2023 06:43 WIB

Ini Prakiraan BMKG Soal Potensi Hujan di Wilayah Jabar

BMKG juga memprakirakan masih ada potensi kekeringan.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Hujan.
Foto: republika
(ILUSTRASI) Hujan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas I Bandung memprakirakan potensi hujan di sejumlah wilayah Provinsi Jawa Barat (Jabar) selama satu pekan ke depan. Diprediksi potensi hujan dengan intensitas ringan, serta angin kencang.

Prakirawan BMKG Bandung Iid Mujtahidin mengatakan, dalam sepekan ke depan diperkirakan masih terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan awan dan hujan di sejumlah daerah wilayah Jabar. Suhu muka laut di sebagian wilayah di Indonesia disebut masih hangat.

Baca Juga

Selain itu, kondisi labilitas lokal berada pada kategori ringan hingga sedang dan terjadi peningkatan angin di selatan dan timur Jabar. “Hujan dengan intensitas ringan masih berpotensi terjadi di Jawa Barat, disertai angin kencang, dan durasi singkat,” kata Iid, Senin (25/9/2023).

Iid mengatakan, pada Senin (25/9/2023) ini hujan diprakirakan berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Bandung.

Menurut Iid, meskipun ada kemungkinan hujan, potensi kekeringan juga masih ada. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap mengantisipasi dampak kekeringan. Masyarakat juga diminta waspada akan potensi kebakaran lahan atau hutan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement