Sabtu 23 Sep 2023 19:15 WIB

Kebakaran Semak Belukar Terjadi di Tugu Juang Siliwangi Baleendah Bandung 

Total area lahan yang terbakar seluas 500 meter persegi.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Kebakaran lahan semak belukar terjadi di Tugu Juang Siliwangi, Baleendah, Kabupaten Bandung, Sabtu (23/9/2023) sore.
Foto: Dok Republika
Kebakaran lahan semak belukar terjadi di Tugu Juang Siliwangi, Baleendah, Kabupaten Bandung, Sabtu (23/9/2023) sore.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kebakaran lahan semak belukar terjadi di Tugu Juang Siliwangi, Baleendah, Kabupaten Bandung, Sabtu (23/9/2023) sekitar pukul 16.14 WIB. Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.30 WIB.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung Hilman Kadar mengatakan kebakaran melanda semak belukar di Tugu Juang Siliwangi, Baleendah. Total area lahan yang terbakar seluas 500 meter persegi.

"Objek yang terbakar semak belukar. Penyebab kebakaran masih diselidiki," ucap dia, Sabtu (23/9/2023).

Dia mengatakan, sebanyak empat orang personel dikerahkan untuk memadamkan api dibantu tim gabungan lainnya. Unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

Hilman mengatakan, tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa itu. Petugas yang berhasil memadamkan api langsung melakukan pendinginan serta melakukan pendataan.

"Selesai penanganan kebakaran sekitar pukul.17.30 Wib," kata dia.

Sebelumnya, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Bandung mengalami lonjakan signifikan selama musim kemarau berlangsung. Dari total 298 kejadian kebakaran, terdapat 67 peristiwa kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung Hilman Kadar mengatakan kasus kebakaran hutan dan lahan dari bulan Januari hingga Juni terhitung sedikit hanya empat kali. Namun, sejak Juli hingga Agustus melonjak menjadi 67 kasus.

"Saat ini kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Bandung memang ada peningkatan, jumlahnya 67 kejadian," ucap dia, Jumat (1/9/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement