Jumat 29 Sep 2023 19:24 WIB

8.000 Warga di Kota Sukabumi Sudah Aktivasi IKD

Disdukcapil mengejar target aktivasi IKD 25 persen penduduk.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Petugas melayani warga melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).
Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir
(ILUSTRASI) Petugas melayani warga melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi, Jawa Barat, terus mendorong aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Layanan jemput bola ke sejumlah tempat pun terus dilakukan.

“Hingga kini capaian IKD 3,4 persen atau 8.000 orang,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi kepada Republika, Jumat (29/9/2023).

Baca Juga

Kardina mengatakan, sekarang ini aplikasi IKD sudah bisa diunduh menggunakan ponsel berbasis iOS. Sebelumnya terbatas pada pengguna ponsel Android. Dengan begitu, Karina berharap makin banyak masyarakat yang mengaktifkan IKD.

Menurut Kardina, pada tahap awal ini ditargetkan 25 persen penduduk yang sudah mempunyai KTP elektronik (KTP-el) dan memiliki ponsel dapat melakukan aktivasi IKD. Untuk menggenjot cakupannya, kata dia, Disdukcapil berupaya terus melakukan pelayanan jemput bola, seperti ke instansi pemerintah dan perguruan tinggi.

IKD merupakan program Direktorat Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dengan program ini, diharapkan dapat memudahkan masyarakat mengakses dokumen kependudukan. 

Kardina mengatakan, Disdukcapil Kota Sukabumi akan terus menyosialisasikan manfaat IKD ini. Menurut dia, nantinya bukan hanya dokumen identitas kependudukan saja yang bisa diakses secara digital. Ia mengatakan, IKD juga akan terhubung dengan layanan lainnya, seperti BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement