Selasa 03 Oct 2023 15:31 WIB

Jelang Pemilu, Discapil Indramayu Keliling Pasar Malam Layani Adminduk

Layanan jemput bola itu dimanfaatkan sejumlah calon pemilih pemula.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Petugas melakukan perekaman data warga untuk pembuatan KTP elektronik (KTP-el).
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
(ILUSTRASI) Petugas melakukan perekaman data warga untuk pembuatan KTP elektronik (KTP-el).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Discapil) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, melakukan upaya jemput bola untuk memudahkan masyarakat mengurus administrasi kependudukan (adminduk). Terlebih akan menghadapi momen pemilihan umum (pemilu) serentak 2024.

Salah satu upaya jemput bola itu dengan mendatangi pasar malam di sejumlah kecamatan. Melalui program Discapil Mlayu, petugas memberikan berbagai pelayanan adminduk langsung di lokasi pasar malam.

Baca Juga

“Selain untuk menghadapi pemilu tahun depan, program itu juga membantu warga untuk mempercepat urusan adminduk,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Discapil Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana, Senin (2/10/2023).

Saat Discapil memberikan pelayanan di pasar malam wilayah Kecamatan Kandanghaur, misalnya, ada 57 warga yang mengurus adminduk. Di antaranya 27 warga yang melakukan perekaman data Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) dan enam warga melakukan pencetakan KTP-el.

Selain itu, ada 22 warga yang mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) dan dua warga mengajukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Pelayanan Discapil Mlayu juga disambut di lokasi pasar malam wilayah Kecamatan Gabuswetan. Dilaporkan ada 130 warga, yang merupakan pemilih pemula, melakukan perekaman data KTP-el. Selain itu, ada enam warga melakukan pencetakan KTP-el dan dua warga mengajukan aktivasi IKD.

“Di Kecamatan Gabuswetan didominasi oleh calon pemilih pemula yang ingin memiliki KTP-el agar memperoleh haknya untuk berpartisipasi dalam pemilihan umum,” ujar Aan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement