Selasa 03 Oct 2023 17:31 WIB

Kota Depok Gelar Sholat Istisqa Serentak Besok, Wali Kota Jadi Imam

Sholat Istisqa serentak ini akan digelar juga di 11 kecamatan Kota Depok. 

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Agus Yulianto
Umat Islam melaksanakan Sholat Istisqa atau sholat minta hujan. (Ilustrasi)
Foto: Antara/Yusuf Nugroho
Umat Islam melaksanakan Sholat Istisqa atau sholat minta hujan. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan menggelar Sholat Istisqa atau sholat minta hujan pada Rabu (4/10/2023) secara serentak di tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan. Sholat Istisqa tingkat kota akan digelar di lapangan balaikota Depok pukul 07.00 WIB yang dipimpin oleh Wali Kota Mohammad Idris.

"Tempatnya sudah ditentukan, untuk tingkat kota yang menyelenggarakan itu wali kota bersama bagian Kesra, jadi leading sektornya bagian Kesra Kota Depok. Lalu Imam khatibnya itu Pak wali kota, Kiai Mohammad Idris, lalu khotibnya itu Imam rawatib di masjid balai kota," jelas Sekretaris MUI Kota Depok, Kostia Permana, Selasa (3/10/2023).

Menurutnya, sholat istisqa serentak ini akan digelar juga di 11 kecamatan Kota Depok. Bahkan di Kecamatan Beji, beberapa kelurahan juga akan menggelar sholat istisqa bersama.

"Untuk (lokasi) sholat istisqa tingkat kecamatan, ditentukan masing-masing kecamatan. Bahkan di kecamatan Beji itu, MUI dan kelurahan bekerja sama dengan lurah, ada enam titik yang menggelar itu," katanya.

 

Dia juga menjelaskan sholat istisqa ini telah sesuai dengan surat edaran (SE) wali kota sebelumnya yang pada 25 September mengimbau untuk melakukan ibadah tersebut. Sholat istisqa dilakukan setelah melihat kondisi kekeringan yang menyebabkan banyak warga kesulitan mengakses air bersih.

"Pemerintah Kota Depok mengimbau kepada para Camat, Lurah dan Ketua Umum MUI Kota Depok untuk melaksanakan shalat Istisqa dalam waktu dekat dengan melibatkan partisipasi seluruh masyarakat," jelas wali kota.

"Pelaksanaan shalat Istisqa dapat dilaksanakan di area terbuka dan diupayakan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Kota Depok," tambahnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement