Sabtu 07 Oct 2023 07:00 WIB

Hari Jadi ke-22 Kota Tasikmalaya, Ada Berbagai Kegiatan Selama Oktober 2023

Kemeriahan peringatan hari jadi ini diharapkan dirasakan masyarakat Kota Tasikmalaya.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Tasik Oktober Festival (TOF).
Foto: Republika/Eric Iskandarsjah Z
(ILUSTRASI) Tasik Oktober Festival (TOF).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Kota Tasikmalaya genap berusia 22 tahun pada 17 Oktober 2023. Untuk memeriahkan peringatan hari jadi ini, berbagai agenda akan digelar selama Oktober 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan mengatakan, untuk memeriahkan peringatan hari jadi kota ini akan kembali digelar Tasik Oktober Festival (TOF). Menurut dia, diagendakan puluhan kegiatan dalam TOF 2023.

Baca Juga

“Dengan berbagai acara ini, kita berharap momentum HUT ke-22 Kota Tasikmalaya dirasakan sebanyak mungkin masyarakat Kota Tasikmalaya,” kata Ivan kepada Republika, Kamis (5/10/2023).

Untuk itu, Ivan mengatakan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sejumlah kegiatan TOF 2023 dilaksanakan di tingkat kecamatan. Ada juga agenda Pasanggiri Helaran Budaya, yang rencananya dimeriahkan pawai jampana masyarakat, fashion carnival, 1.000 ambu midang, festival payung geulis, serta festival baso.

“Ini juga berbeda seperti tahun sebelumnya. Biasanya itu hanya OPD (perangkat daerah) yang tampil. Kali ini OPD dikolaborasikan dengan kelurahan-kelurahan. Diharapkan masyarakat yang hadir tumpah ruah, dengan kreativitas masing-masing kelurahan,” kata Ivan.

Selain untuk masyarakat Kota Tasikmalaya, Ivan mengatakan, TOF 2023 ini pun diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata bagi dari luar daerah. “Kita juga berharap akan banyak orang yang bisa berkunjung ke Tasikmalaya, sehingga ini bisa memberikan dampak multiplier effect terhadap ekonomi masyarakat Kota Tasikmalaya,” kata Ivan.

Berdasarkan informasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tasikmalaya, setidaknya terdapat 30 kegiatan yang akan diselenggarakan selama TOF 2023. Kegiatan itu telah dimulai sejak awal Oktober.

Berikut berbagai agendanya: 

-Festival of Subdistrics in Tasikmalaya (Festa) digelar di masing-masing kecamatan pada 1-13 Oktober.

-Saturday Morning Religious (Satmori) digelar di Masjid Agung Kota Tasikmalaya pada 7 Oktober 2024.

-Sepeda Sehat Tasik Asik digelar di Bale Kota Tasikmalaya pada 7 Oktober 2023.

-Ruang Bermusik digelar di Lanud Wiriadinata pada 7-8 Oktober 2023.

-Wali Kota Cup Mini 4WD Tamiya digelar di Gedung Creative Center Kota Tasikmalaya pada 7 Oktober 2023.

-Gelar Produk Tani (Show of Setaman Cinta) digelar di Halaman GOR Sukapura pada 8 Oktober 2023.

-Pameran Produk Kriya, Makanan Olahan, Kuliner, Demo Produk Kriya Kota Tasikmalaya digelar di Gedung Creative Center Kota Tasikmalaya pada 9-22 Oktober 2023.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement