Ahad 08 Oct 2023 22:15 WIB

Ratusan Anjing, Kucing, dan Hewan Peliharaan di Sukabumi Peroleh Vaksin Rabies Gratis

Hewan peliharaan yang divaksin misalnya kucing dan anjing.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu
Vaksin rabies. Ratusan hewan peliharaan di Sukabumi mendapatkan vaksin rabies gratis.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Vaksin rabies. Ratusan hewan peliharaan di Sukabumi mendapatkan vaksin rabies gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Ratusan hewan peliharaan di Kota Sukabumi mendapatkan vaksinasi rabies pada Sabtu (7/10/2023) lalu. Kegiatan yang digelar Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi dalam rangkaian memperingati World Rabies Day.

Layanan vaksinasi rabies gratis itu digelar di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan). ''Animo masyarakat cukup tinggi karena vaksinasi diikuti oleh sekitar 250 ekor hewan peliharaan,'' ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kota Sukabumi, Riki Barata, Ahad (8/10/2023).

Hewan peliharaan yang divaksin misalnya kucing dan anjing. Riki menambahkan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemecahan Rekor Muri Gerakan Vaksinasi Rabies yang dilaksanakan serentak di berbagai Puskeswan seluruh Indonesia.

Momen ini terang Riki, sebagai upaya mencegah penyebaran rabies. Selain melalui vaksinasi, DKP3 pun akan melakukan sosialisasi dengan sasaran para pelajar di salah satu sekolah dasar di Kecamatan Baros.

 

''Sosialisasi akan melibatkan pula Persatuan Istri Dokter Hewan Indonesia (PIDHI),'' ucap Riki. Melalui vaksinasi dan sosialisasi, ditargetkan Kota Sukabumi akan terbebas dari ancaman rabies.

Sebelumnya, sebanyak 1.200 hewan penular rabies (HPR) di Kota Sukabumi menjadi target vaksinasi rabies di akhir September 2023 lalu. Upaya tersebut dilakukan sebagai pencegahan penyakit rabies dari gigitan HPR.

Vaksinasi rabies ini diawali di Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Gunungpuyuh. Menurut Riki, di Kecamatan Gunungpuyuh ada delapan titik lokasi vaksinasi rabies gratis. Pelaksanaan kegiatan mulai 25 September 2023 hingga 9 Oktober 2023.

Setelah di Gunungpuyuh lanjut Riki, vaksinasi rabies dilanjutkan di sembilan titik Kecamatan Warudoyong. Untuk pelaksanaannya dilakukan mulai 10 Oktober 2023 hingga 24 Oktober 2023.

''Untuk yang ada di masyarakat dari APBD II Kota Sukabumi menyiapkan vaksin sebanyak 500 dosis,'' kata Riki. Pemberian vaksin rabies ini mulai diaplikasikan door to door ke setiap kelurahan.

Selain itu lanjut Riki, pihaknya menunggu pengadaan vaksin rabies dari pemerintah provinsi dan pusat. Keberadaan vaksin ini untuk mencapai target vaksinasi minimal 1.200 ekor HPR.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement