Ahad 22 Oct 2023 22:32 WIB

Kebakaran di Gunung Papandayan Garut, Pendakian Diminta Ditutup

Petugas mengantisipasi kebakaran meluas.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Kebakaran di kawasan Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Ahad (22/10/2023) malam.
Foto: Dok.Warga
Kebakaran di kawasan Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Ahad (22/10/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Kebakaran dilaporkan terjadi di kawasan Gunung Papandayan wilayah Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Ahad (22/10/2023) malam. Petugas gabungan masih melakukan pemantauan mengantisipasi kebakaran meluas.

Kepala Polsek (Kapolsek) Cisurupan Iptu Asep Saepudin mengatakan, kebakaran di kawasan Gunung Papandayan itu dilaporkan sekitar pukul 19.30 WIB.

Baca Juga

Berdasarkan pantauan sementara, terlihat titik api berada di sekitar Blok Tegal Alun. “Benar, kebakaran di Gunung Papandayan. Api kondisi masih menyala,” kata dia, saat dikonfirmasi Republika, Ahad, sekitar pukul 22.00 WIB.

Menurut Kapolsek, lokasi kebakaran terbilang jauh dari jangkauan. Karenanya, kata dia, petugas di lapangan sementara ini melakukan pemantauan dan menyiapkan upaya antisipasi kebakaran meluas.

Kapolsek mengatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan PT Asri Indah Lestari (AIL), selaku pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan. Pengelola diminta sementara ini menutup aktivitas untuk pendakian.

Ihwal ada atau tidaknya pendaki di Gunung Papandayan, Kapolsek mengaku belum mendapat informasi. “Saya belum tahu. Kami belum konfirmasi lebih lanjut ke PT AIL. Yang jelas, sejak ada titik api, manajemen diminta menutup pendakian,” kata dia.

Kapolsek mengatakan, saat ini petugas gabungan masih bersiaga memantau lokasi kebakaran. “Tim gabungan TNI, Polri, dan stakeholder terkait masih stand by,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement