Selasa 26 Dec 2023 16:30 WIB

Gunung di Garut Dibuka Saat Libur Nataru, Pendaki Diingatkan Soal Sampah

Warga yang hendak mendaki gunung di Garut diingatkan juga soal kondisi cuaca.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Aktivitas pendakian di kawasan Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
Foto: Republika/Bayu Adji P
(ILUSTRASI) Aktivitas pendakian di kawasan Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Tiga gunung di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, terbuka untuk aktivitas pendakian pada momen libur Natal dan tahun baru (Nataru). Warga diminta mematuhi ketentuan selama melakukan pendakian.

Berdasarkan informasi Seksi Konservasi Wilayah V Kabupaten Garut Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat, tiga gunung yang terbuka untuk pendakian itu adalah Gunung Papandayan, Gunung Guntur, dan Gunung Cikuray.

Baca Juga

Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Kabupaten Garut Dodi Arisandi mengatakan, warga bisa melakukan pendakian pada momen libur Nataru di ketiga kawasan gunung yang dikelola oleh BBKSDA Jawa Barat itu. Ia meminta pendaki mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tetap menjaga kebersihan.

Pendaki diingatkan soal masalah sampah. “Selalu ikuti prosedur dan tidak meninggalkan sampah di gunung. Sampah harus dibawa (turun) lagi dan dikumpulkan atau dibuang pada tempatnya,” kata Dodi kepada Republika.

Dodi juga meminta para pendaki hati-hati terhadap kondisi cuaca musim hujan. Wilayah Kabupaten Garut sempat diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Warga yang hendak mendaki diminta memastikan diri dalam kondisi fit, serta membawa peralatan yang memadai.

“Kami minta pendaki mempersiapkan kondisi kesehatan dan membawa alat yang diperlukan untuk mendaki,” kata Dodi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement