Kamis 26 Oct 2023 06:41 WIB

Pemkab Bandung Barat akan Bangun Miniatur Ka'bah

Miniatur Kabah dapat digunakan masyarakat yang ingin melaksanakan latihan manasik.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Miniatur Kabah di Masjid Blok M Square (Ilustrasi)
Foto: Mgrol86
Miniatur Kabah di Masjid Blok M Square (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bupati Bandung Barat Arsan Latif berencana membangun miniatur ka'bah di lingkungan perkantoran Pemkab Bandung Barat. Miniatur ka'bah tersebut dapat digunakan masyarakat yang ingin melaksanakan latihan manasik haji.

"Ada ribuan PAUD, TK dan SD di Kabupaten Bandung Barat tiap tahun selalu praktik manasik haji bagian dari pendidikan agama," ucap dia melalui keterangan resmi yang diterima, Kamis (26/10/2023).

Dengan adanya miniatur ka'bah ini, Arsan berharap manasik haji yang dilakukan para peserta didik atau calon jamaah haji dapat dilakukan secara terpusat. Selain itu, tidak dipungut biaya.

Dia mengatakan, anggaran yang akan digunakan membangun ka'bah bukan dari APBD. Namun, dari sumbangan dan infak serta dari seluruh ASN di Kabupaten Bandung Barat.

Dengan kehadiran miniatur ka'bah, ke depan ia mengatakan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebab, di sekitar lokasi akan didirikan pujasera yang diisi pelaku UMKM Kabupaten Bandung Barat.

"Miniatur kabah ini akan menjadi salah satu destinasi wisata religi yang dapat lebih memakmurkan Masjid Ash Shidiq  yang ada di lingkungan Pemda," ungkap dia.

Sebelumnya, Bupati Bandung Barat Arsan Latif mengajak ASN dan masyarakat untuk meneladan Rasullullah SAW.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement