Sabtu 28 Oct 2023 00:18 WIB

Anies-Imin, Ganjar-Mahfud, Prabowo-Gibran Lolos Tes Kesehatan

Hasil pemeriksaannya dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Rep: Febryan A/ Red: Agus Yulianto
Bakal calon Presiden Prabowo Subianto (Kiri), Anies Baswedan (Tengah), Ganjar Pranowo (Kanan).
Foto: Ap/Adek Berry, Republika/Thody Badai
Bakal calon Presiden Prabowo Subianto (Kiri), Anies Baswedan (Tengah), Ganjar Pranowo (Kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima hasil tes kesehatan terhadap tiga pasangan bakal capres-cawapres Pilpres 2024 dari tim pemeriksa RSPAD Gatot Subroeto. Tiga pasangan itu dinyatakan lolos tes kesehatan atau mampu menjalankan tugas apabila terpilih sebagai presiden dan wakil presiden.

Tiga pasangan itu adalah Anies Baswedan dan Muhaimin, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, serta Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga

"Hasil pemeriksaannya mampu untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden. Hasil pemeriksaannya dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari usai menerima hasil pemeriksaan di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

Kepala RSPAD Gatot Subroeto, Letjen Budi Sulistya menyebut, enam kandidat itu memang sehat secara jasmani dan rohani. "Juga tidak didapatkan penyalahgunaan narkoba pada semua calon," ujarnya dalam kesempatan sama.

 

Hasil tes kesehatan ini merupakan salah satu syarat agar pasangan bakal capres-cawapres tersebut bisa ditetapkan sebagai pasangan capres-cawapres Pilpres 2024. Penetapan akan dilakukan pada 13 November 2023 setelah KPU memverifikasi semua dokumen persyaratan mereka.

Sebagai catatan, tim dokter RSPAD melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Sabtu (21/10/2023). Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD diperiksa Ahad (22/10/2023).

Adapun duet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diperiksa Kamis (26/10/2023). Pemeriksaan kesehatan terhadap enam kandidat itu masing-masing berlangsung sekitar delapan hingga 10 jam.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement