Jumat 27 Oct 2023 21:25 WIB

Terjadi Angin Kencang, Pohon Tumbang ke Jalan di Parakansalak Sukabumi

Angin kencang juga dilaporkan mengakibatkan rumah warga rusak.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pohon tumbang.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
(ILUSTRASI) Pohon tumbang.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Angin kencang terjadi di dua desa wilayah Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (27/10/2023). Di Desa Lebaksari, dilaporkan angin kencang membuat pohon tumbang.

Menurut petugas Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Sandra Fitria, pohon terdampak angin kencang itu tumbang ke arah jalan. “Angin kencang yang terjadi menyebabkan satu pohon tumbang menutupi jalan kabupaten,” kata dia.

Baca Juga

Adanya kejadian pohon tumbang itu sempat mengganggu lalu lintas. Sandra mengatakan, pohon yang tumbang itu sudah dievakuasi, sehingga jalan bisa kembali dilintasi.

Angin kencang juga melanda wilayah Desa Sukakersa, Kecamatan Parakansalak. Sandra mengatakan, angin kencang dilaporkan terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Terjadinya angin kencang itu, kata dia, mengakibatkan satu rumah warga rusak di Kampung Sindanglengo RT 33/RW 11 Desa Sukakersa. 

 

Rumah terdampak angin kencang itu dilaporkan mengalami kerusakan pada bagian tengah dan kamar mandi. Rumah tersebut dihuni dua kepala keluarga (KK) yang terdiri atas tujuh jiwa. Sandra mengatakan, Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Parakansalak berkoordinasi dengan pihak kecamatan untuk melakukan asesmen dan penanganan.

Sandra mengatakan, BPBD Kabupaten Sukabumi mengimbau masyarakat dan aparat kewilayahan untuk waspada menghadapi potensi bencana. Apalagi belakangan terjadi kondisi cuaca ekstrem. Diharapkan, dengan kewaspadaan masyarakat dan aparat kewilayahan, dapat meminimalkan risiko bencana.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement